TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Persaudaraan Mubalig Jogja Salat Idul Adha Hari ini

Lebih cepat satu hari dari versi Pemerintah

Salat Idul Adha diselenggarakan oleh Persaudaraan Mubalig Jogja (PMJ) di area parkir GOR Amongrogo, dipimpin oleh imam Ustaz Syharullah dan Hanafi Rais sebagai khatib, Minggu (15/6/2-024) / (Dokumentasi Panitia Salat Id)

Yogyakarta, IDN Times - Ratusan umat muslim di Kota Yogyakarta melaksanakan salat Iduladha 1445 H pada hari ini, Minggu (16/6/2024).

Salat Idul Adha diselenggarakan oleh Persaudaraan Mubalig Jogja (PMJ) di area parkir GOR Amongrogo, dipimpin oleh imam Ustaz Syharullah dan Hanafi Rais sebagai khatib.

 

1. Diikuti ratusan jemaah kalangan masyarakat umum

Humas PMJ, Abu Adam menyebut salat Iduladha di GOR Amongrongo juga jamaah masyarakat umum. PMJ, menurutnya, juga telah mengajukan izin pemakaian lokasi jauh-jauh hari sebelum pelaksanaannya.

"Tidak eksklusif satu kelompok tertentu, tapi untuk masyarakat umum. Kita sudah sebar info pelaksanaan salat hari ini jauh-jauh hari," kata Adam.

"Perkiraan kita di awal sekitar 300 (jemaah peserta salat), tapi hari ini kalau kita lihat rasa-rasanya sekitar 400," ujarnya.

2. Sehari lebih cepat dari Iduladha versi pemerintah

Adam menjelaskan alasan salat Iduladha pihaknya lebih cepat satu hari dari ketentuan Pemerintah Indonesia.

Dia menerangkan jika penentuan 10 Dzulhijah atau Iduladha didasarkan pada pelaksanaan wukuf di arafah. Ini diputuskan berdasarkan pendapat mayoritas ulama berbagai mazhab, yang mana perayaan Iduladha pada 16 Juni ini juga berlangsung di berbagai tempat di Indonesia.

"Artinya ketika pemerintah Arab Saudi atau Amir Mekah telah menentukan bahwa 9 Dzulhijah jatuh pada kemarin hari Sabtu (15/6/2024), maka otomatis 10 Dzulhijah jatuh pada hari ini," jelasnya.

Baca Juga: Polemik TPS3R Karangmiri, Pemkot Jogja Siap Beri Warga Kompensasi

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya