TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serunya Jogja Spoor Festival 2024 di Balai Yasa Yogyakarta

Yuk, melihat seluk beluk bengkel kereta api!

Jogja Spoor Festival 2024 yang berlangsung di bengkel Kereta Api Balai Yasa Yogyakarta, Sabtu (21/9/2024). (IDN Times/Arianto)

Intinya Sih...

  • Jogja Spoor Festival 2024 memperkenalkan seluk beluk perkeretaapian di Indonesia, termasuk proses pemeliharaan dan perbaikan mesin lokomotif serta gerbong kereta.
  • Acara ini diselenggarakan selama 2 hari dengan tema edukasi dan hiburan, menawarkan Workshop Tour yang memungkinkan pengunjung melihat detail mesin lokomotif dan gerbong kereta.
  • Pengunjung juga dapat menaiki Kereta Diesel atau KRD untuk melintasi jalur uji pemeliharaan bengkel Balai Yasa Yogyakarta, serta menyaksikan film dokumenter sejarah kereta api di mini home theatre.

Yogyakarta, IDN Times - Jogja Spoor Festival 2024 menyajikan serunya seluk beluk perkeretaapian di Indonesia. Kita tak hanya diajak melihat rangkaian gerbong dan lokomotif, tapi juga wujud mesinnya. Selain itu, juga bagaimana rangkaian kereta diperbaiki di Balai Yasa Yogyakarta. 

1. Seluk beluk bengkel kereta api Balai Yasa

Balai Yasa Yogyakarta menggelar acara bertajuk Jogja Spoor Festival 2024, sebuah ajang open house yang mengundang masyarakat untuk melihat langsung aktivitas di bengkel kereta api Yogyakarta. Acara ini memberikan kesempatan bagi publik untuk melihat lebih dekat seluk-beluk perawatan dan pemeliharaan rangkaian kereta api.

EVP UPT Balai Yasa Jogja, Faizal Mukthadi, menjelaskan bahwa acara ini menjadi momen edukasi penting bagi masyarakat, terutama untuk mengenal lebih dalam proses pemeliharaan dan perbaikan mesin lokomotif serta gerbong kereta, yang biasanya tidak terlihat oleh masyarakat umum.

“Jogja Spoor Festival 2024 ini diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 21 sampai 22 September. Acara kita ini temanya adalah tentang edukasi dan juga hiburan buat keluarga,” katanya saat ditemui di Balai Yasa Jogja, Sabtu (21/9/2024). 

2. Workshop Tour dan naik KRD

Jogja Spoor Festival menghadirkan beragam program menarik yang memanjakan pengunjung. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah Workshop Tour, di mana pengunjung diajak berkeliling bengkel Balai Yasa Yogyakarta untuk melihat lebih dekat detail mesin lokomotif dan gerbong kereta.

“Para peserta diarahkan keliling tour bengkel lokomotif dan KRD. Ada pendamping yang merupakan teknisi-teknisi kami yang berpengalaman yang menceritakan setiap detailnya,” katanya.

Wahana lain yang menjadi favorit, terutama bagi anak-anak, adalah pengalaman menaiki Kereta Diesel atau KRD. Rutenya melintasi jalur uji pemeliharaan bengkel Balai Yasa, termasuk perkampungan yang dilalui oleh rel uji coba kereta.

Rute unik ini, lanjutnya, hanya ada di Balai Yasa Yogyakarta dan sempat viral di media sosial, terutama video yang memperlihatkan rangkaian kereta melaju di tengah perkampungan.

“Rutenya dari Balai Yasa masuk emplashment lalu kembali lagi ke Balai Yasa. Rute seperti ini cuma ada di Balai Yasa Yogyakarta,” ujarnya. 

Baca Juga: HDCI Hadirkan Lagi Bola Maut di Jogja Bike Rendezvous 2024

Verified Writer

Arianto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya