TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

41 Santri di Pondok Pesantren Sleman Positif Terpapar COVID-19

Semua kasus positif sudah diisolasi

Ilustrasi pondok pesantren. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman menemukan adanya penambahan 41 kasus positif baru dari pondok pesantren di wilayahnya.

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menjelaskan, setelah ditemukan kasus tersebut, saat ini pesantren yang bersangkutan sudah melakukan penanganan maksimal terhadap semua kasus. 

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sleman Terus Meningkat, Apa Langkah Pemkab?

1. Berawal dari kasus gejala ringan

Ilustrasi COVID-19 (IDN Times/Sukma Shakti)

Harda memaparkan, awal mula kasus positif tersebut berawal dari salah satu santri yang baru datang dari Pekalongan. Santri yang bersangkutan mengalami hilang penciuman dan pengecapan namun tidak sadar terkena COVID-19 dan tidak melapor kepada Satgas Pesantren.

Baru setelah ada penularan ke santri lain, santri lain tersebut mulai melaporkan diri ke Satgas. Satgas pun langsung melakukan penelusuran.

"Gejala COVID-19 kan macam-macam, ini kan berasal dari tidak bisa mencium dan merasakan, sejak Agustus. Tapi gak ngerti, dan ternyata tanda-tanda COVID-19," ungkapnya.

2. Semua kasus positif sudah diisolasi

Sekretaris Daerah Sleman, Harda Kiswaya. IDN Times/Siti Umaiyah

Harda menjelaskan, semua kasus positif di pesantren yang bersangkutan sudah diisolasi dan ditempatkan di lokasi yang jauh dari penghuni lain. Menurutnya, pondok pesantren yang bersangkutan pun juga telah memiliki Dokter, Perawat serta sudah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat dalam melakukan penanganan.

"Alhamdulillah pesantren tersebut secara mandiri melakukan langkah yang tepat, di sana ada dokter, perawatnya. Untuk anak yang sehat sudah disendirikan, yang positif juga. Kebetulan di sana ada 9 blok, dan berjauhan dari masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan keresahan," terangnya.

Baca Juga: Tambahan Kasus Positif COVID-19 Terbanyak di DIY dari Hasil Tracing  

Berita Terkini Lainnya