TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puluhan Nakes, Dokter, dan Koas di RS Jogja Terpapar COVID-19

RS Jogja tetap melayani pasien

Ilustrasi tenaga medis mengenakan APD untuk menangani pasien virus corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Yogyakarta, IDN Times - Puluhan tenaga kesehatan, dokter, dan mahasiswa koas di RSUD Kota Yogyakarta (RS Jogja) terpapar virus corona. Mereka adalah tenaga kesehatan yang ditugaskan merawat pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut.

Baca Juga: [UPDATE] Hari Minggu, 1.444 Orang di DIY Positif COVID-19

1. Nakes yang positif jalani isolasi mandiri

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Kompleks Kepatihan. IDN Times/Tunggul Damarjati

Melansir Antara, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, menyatakan total ada 22 tenaga kesehatan, tujuh dokter, dan sembilan mahasiswa koas yang positif COVID-19. Menurutnya, seluruh nakes tersebut telah menjalani isolasi mandiri.

“Seluruhnya menjalani isolasi mandiri. Saat ini kami masih menganalisa penyebab terjadinya kasus tersebut," terang Heroe di Yogyakarta, Minggu (29/11/2020).

Sebagian nakes yang terkonfirmasi positif menjalani isolasi di shelter RS Jogja yang memiliki kapasitas 30 orang. Sedangkan sisanya melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

2. Diketahui dari hasil skrining

Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Heroe mengatakan, puluhan kasus nakes yang positif tersebut diketahui setelah dilakukan skrining terhadap 228 tenaga kesehatan yang melayani pasien COVID-19 di RS Jogja pekan lalu. Namun, hasil tes usap baru keluar dua hari lalu.

Atas temuan tersebut, ia menyebutkan telah dilakukan tracing untuk menemukan kontak erat dari para nakes yang terpapar COVID-19 tersebut.

Baca Juga: Menristek Targetkan Genose Alat Deteksi COVID Diproduksi Desember  

Berita Terkini Lainnya