TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengelola Candi Borobudur Berjanji Tingkatkan Kesejahteraan Gajah

Bakal lakukan koordinasi dengan AFJ

IDN Times/Nindias Khalika

Magelang, IDN Times - General Manager Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan pihaknya telah menyetop aktivitas menunggangi gajah di Candi Borobudur dan menggantinya dengan paket memberi makanan pada satwa.

Pada audiensi yang diadakan Kamis (4/7), ia menjelaskan bahwa PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko bakal berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Animal Friends Jogja (AFJ) serta aktivis sosial dan lingkungan Melanie Subono untuk mencari solusi agar kesejahteraan gajah di Candi Borobudur dapat meningkat.

Baca Juga: Dukung Kesejahteraan Gajah, AFJ Temui Pengelola Candi Borobudur

1. Perlu membentuk tim

IDN Times/Nindias Khalika

Putu menjelaskan pihaknya perlu membentuk tim terlebih dahulu sehingga respon terhadap surat yang dilayangkan AFJ sebelumnya belum diberikan.

Ia menerangkan saat ini ada lima gajah yang dirawat di Lembaga Konservasi Taman Satwa Borobudur. Kelimanya merupakan gajah Sumatera, terdiri dari dua jantan dan tiga betina.

2. Perlu jalan jauh

IDN Times/Nindias Khalika

Aktivitas menunggangi gajah, kata Putu, ada karena gajah butuh untuk berjalan jauh setiap hari. Hal ini dibenarkan oleh Konsultan Satwa Borobudur drh. Machmud Asvan. Menurutnya, gajah perlu berjalan jauh sehingga apabila aktivitas menunggangi gajah disetop maka pihak manajemen perlu memikirkan cara agar kebutuhan tersebut terpenuhi.

"Mampu gak manajemen mengawal gajah jalan? Terus terang saya agak was-was saat yang ditunggangi dihentikan. Gajah ini berkurang exercise-nya dan akan merugikan kesehatan gajah itu," ucapnya.

Lebih lanjut, Machmud Asvan menerangkan gajah jantan di Borobudur diikat karena akan bertengkar jika tidak dipisahkan. Tapi ke depan ia akan mengusulkan agar dibuatkan kandang agar gajah tak perlu lagi diikat.

"Ganco juga hanya digunakan saat situasi penting. Alat itu hanya dibawa pawang saja tapi tak dipakai," katanya.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

Berita Terkini Lainnya