TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polisi Gandeng UGM Ungkap Penyebab Atap SD di Gunungkidul Runtuh 

Polres Gunungkidul periksa 10 saksi

Atap di SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul, runtuh dan menimpa murid. (Dok. Istimewa)

Gunungkidul, IDN Times - ‎ Polres Gunungkidul mengandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk meneliti penyebab atap kelas SD Muhammadiyah di Gunungkidul runtuh pada Senin (9/11/2022). 

1. Ambil beberapa material dari atap yang runtuh ‎

SD Muhammadiyah di Gunungkidul .(Dok.Istimewa)

Dosen Teknik Sipil UGM, Muslikh mengatakan kedatangannya ke SD Muhammadiyah Bogor sebatas melakukan pengamatan di lokasi. Ia mengaku belum bisa mengambil kesimpulan. 

"Beberapa material kuda-kuda, genting kita ambil sebagai bahan untuk secara material teknisnya seperti apa?," katanya,Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: 1 Siswa SD Korban Atap Runtuh di Gunungkidul Meninggal Dunia

2. Teliti penggunaan genting dari tanah liat

Atap runtuh timpa murid di Gunungkidul.(Dok.Istimewa)

Menurutnya material yang diambil akan dibawa ke laboratorium untuk diketahui ketebalannya dan dicocokkan dengan hasil hitungan. "Ya kita baru ambil bahannya, belum bisa kita simpulkan. Harus uji di laboratorium," ucapnya.

Dari material atap SD, pihak UGM akan meneliti penggunaan baja ringan dengan menggunakan genting pres. "Memang lebih aman menggunakan genting dengan material ringan. Kalau pakai genting dari bahan tanah liat perlu pemilihan dimensi yang memadai.  Tebal material kan banyak parameternya," ucapnya.

Baca Juga: Kejadian Tanah Longsor Mendominasi Bencana di Jogja  

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya