TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kerawanan Bencana di Obwis Dlingo, Ini Antisipasi Pengelola

Lakukan pengecekan dan perbaiki fasilitas untuk wisatawan‎

Objek wisata Hutan Pinus Mangunan.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Memasuki musim penghujan, pengelola sejumlah objek wisata di Kapanewon Dlingo melakukan pengecekan fasilitas-fasilitas untuk wisatawan yang dinilai rawan bencana. Antara lain, seperti tempat untuk swafoto yang tersebar di berbagai objek wisata di bawah naungan Koperasi Notowono. 

Baca Juga: Waspadai Potensi Bencana di Destinasi Wisata DI Yogyakarta

1. Ganti fasilitas swafoto yang rawan roboh atau longsor‎

Hutan pinus Mangunan.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Koperasi Notowono, Purwo Harsono, mengatakan memasuki musim penghujan,  beberapa waktu yang lalu pihaknya melakukan pemeriksaan fasilitas-fasilitas bagi wisatawan yang rawan roboh baik akibat tanah longsor maupun termakan usia.

"Sudah kita cek satu per satu, bangunan tempat swafoto yang usianya sudah tua dan rapuh diganti dengan yang baru sehingga tidak membahayakan wisatawan," katanya, Kamis (3/11/2022).

2. Beri papan peringatan daerah rawan longsor kepada wisatawan

Kebun Buah Mangunan Dlingo (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, sejumlah tempat yang rawan longsor juga sudah diberi papan peringatan agar wisatawan tidak mendekat ke lokasi tersebut. Termasuk sejumlah petugas juga disiagakan pada daerah yang rawan longsor untuk memberitahu wisatawan agar tidak mendekat.

"Kita kasih tanda peringatan dan juga menyiapkan petugas yang berjaga di daerah rawan longsor. Apalagi objek wisata di Dlingo ini merupakan kawasan perbukitan yang juga rawan longsor," ungkapnya.

Pihaknya, lanjut dia, juga mendapatkan imbauan dari Dinas Pariwisata Bantul untuk mengutamakan keselamatan wisatawan. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan dan rawan terjadinya bencana hidrometereologi.

"Kami selalu diingatkan oleh Dinas Pariwisata Bantul untuk benar-benar mengutamakan keselamatan wisatawan," ungkapnya.

Baca Juga: Pemda DIY Gandeng Sekolah Siap Siaga Hadapi Bencana

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya