TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rusak di Bagian Atap, Museum Gunung Merapi Ditutup Sementara

Kondisi bangunan Museum Gunung Merapi Mengkhawatirkan

Kondisi kerusakan Museum Gunung Merapi (MGM). (Istimewa/MGM).

Sleman, IDN Times – Museum Gunung Merapi (MGM) ditutup sementara waktu mulai Senin (21/11/2022). Langkah ini setelah melihat kondisi bangunan MGM dinilai mengkhawatirkan.

Langkah tersebut diambil setelah pemeriksaan dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Senin (12/9/2022). BPK menyampaikan bahwa kondisi bangunan MGM sudah mengkhawatirkan, untuk itu disarankan agar MGM ditutup sementara waktu demi keselamatan wisatawan.

1. Dana sekitar Rp7,5 miliar disiapkan

Kondisi kerusakan Museum Gunung Merapi (MGM). (Istimewa/MGM).

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan rehabilitasi menggunakan anggaran Dana Keistimewaan tahun 2023 sebesar Rp7,5 miliar. “Sudah mengajukan Rp13 miliar, tapi baru disetujui oleh Paniradya Kaistimewan sekitar Rp7,5 miliar. Ini untuk merehab segera beberapa bagian yang tidak layak,” ujar Danang.

Sementara operasional karyawan MGM tetap berlangsung seperti biasa, dan akan dilakukan penyesuaian jam kerja. Selama ditutup, karyawan MGM difokuskan untuk evakuasi dan penyelamatan koleksi.

Baca Juga: Wisata di Kaki Gunung Merapi Stonehenge, Mirip Aslinya!

Baca Juga: Syahdunya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi 

2. Prioritas rehab bagian atap

Kondisi kerusakan Museum Gunung Merapi (MGM). (Istimewa/MGM).

Sejak dihibahkan dan menjadi ketugasan dari Pemkab Sleman pada Desember 2019, MGM sudah direncanakan untuk direhab. Namun, adanya pandemik Covid-19 rencana tersebut menjadi tertunda.

“Anggaran di 2023 nanti, asumsinya prioritas garap bagian atap wujud prisma. Plafon kelihatan bawah jebol, tetesan air, sumbernya tidak kelihatan. Prioritas arahan Paniradya Kaistimewan menggarap atap dulu,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya.

Baca Juga: Museum Gunung Merapi: Memahami si Dia yang Tak Pernah Ingkar Janji

Berita Terkini Lainnya