TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Korban Nuthuk Harga di Kota Yogyakarta, Segera Lapor ke Sini!

Wakil Wali Kota janji tim terpadu akan bergerak cepat

Ilustrasi kawasan Malioboro (kemenpar.go.id)

Kota Yogyakarta, IDN Times - Tak ingin peristiwa nuthuk atau tarif yang tidak sesuai terjadi kembali, Pemerintah Kota Yogyakarta meminta wisatawan yang merasa tertipu melaporkan peristiwa beserta kronologi di aplikasi khusus milik Pemkot Yogyakarta.

1. Wisatawan diminta mengisi keluhan di JSS

Aplikasi Jogja Smart Service. Instagram/jogjasmartservice

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan wisatawan dapat melaporkan di aplikasi Jogja Smart Service (JSS) untuk menyampaikan kronologi atau keluhan layanan pariwisata.

"Wisatawan juga bisa langsung lapor ke Jogoboro yaitu petugas keamanan yang berjaga di sepanjang Malioboro," ujar Heroe, Senin (18/4/2022). 

 

Baca Juga: Nuthuk Harga Terjadi Lagi di Malioboro, Pemkot Siapkan Sanksi

Baca Juga: Viral Lesehan Malioboro Nuthuk Wisatawan, Lalapan dan Sambal Rp10 Ribu

2. Keluhan kerap ditujukan untuk becak motor

Ilustrasi kawasan Malioboro sebelum masa pandemik. (IDN Times/Febriana Sinta)

Berdasarkan laporan yang masuk, keluhan untuk becak yang memungut tarif tidak wajar kerap ditujukan untuk becak motor, sedangkan untuk becak kayuh lebih sdikit.

“Selain kepada pengayuh becak, pembinaan juga dilakukan ke toko oleh-oleh agar memperbaiki cara menjual mereka. Jadi wisatawan jangan dipaksa datang dengan bantuan pengayuh becak. Justru nanti akan menjadi bumerang buruk ke toko,” kata Heroe dikutip Antara.

Meskipun sudah beberapa kali kasus becak nuthuk tarif, Heroe meyakini masih banyak pengayuh becak atau andong dan toko oleh-oleh yang memberikan pelayanan baik kepada wisatawan.

“Kasus yang muncul itu berasal dari oknum tidak bertanggung jawab saja. Segelintir saja,” katanya.

Tim Terpadu yaitu gabungan dari berbagai instansi di pemerintah daerah, akan memberikan respon cepat atas keluhan wisatawan.

Kami akan bertindak cepat,” kata Heroe Poerwadi.

Berita Terkini Lainnya