TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ular Kobra Terus Bermunculan di Wonosari, Diduga Habitatnya Terganggu

Warga menangkap seekor ular sepanjang 1 meter

Warga tangkap anakan ular kobra dan dimasukkan ke dalam botol. IDN Times/Istimewa

Gunungkidul, IDN Times - Anakan ular kobra terus bermunculan di Dusun Kepek I, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Hal ini pun mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi.

Baca Juga: Belasan Anakan Ular Kobra Muncul ke Permukiman Warga di Gunungkidul

1. Warga diminta melapor ke petugas jika menemukan ular ‎

Wakil Bupati Gunungkidul. Immawan Wahyudi. IDN Times/Daruwaskita

Immawan meminta masyarakat agar tetap tenang. Ia mengimbau masyarakat berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk puskesmas agar siap melayani jika sewaktu-waktu ada korban yang digigit anakan ular kobra.

"Warga yang mengetahui keberadaan ular jangan sembarangan mengatasi munculnya ular kobra. Laporkan kepada petugas yang memang punya keahlian menangani ular," katanya, Jumat (6/12).

2. Warga‎ tangkap ular sepanjang 1 meter

Warga tangkap ular kobra sepanjang 1 meter. IDN Times/Istimewa

Salah satu warga RT 6 Dusun Kepek I, Ervan Bambang mengatakan, untuk mengantisipasi munculnya anakan ular kobra, warga melakukan ronda malam untuk mencari keberadaan ular. Warga juga berkoordinasi dengan pencinta reptil untuk menangkap binatang yang punya bisa mematikan tersebut.

"Sampai saat ini sudah 16 ekor ular kobra yang ditangkap. Kemarin malam juga menangkap 4 ekor ular dan salah satunya ukurannya 1 meter," katanya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracun

Berita Terkini Lainnya