TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jemaah Majelis Sholawat Asuhgil Kubro Gelar Salat Idul Adha

Salat Idul Adha ikuti rukyat Makkah

Jemaah Majelis Sholawat Asuhgil Kubro di Bantul Gelar Salat Iduladha.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Sebagian besar umat muslim di Indonesia baru akan melaksanakan salat Iduladha pada Senin (27/6/2024) besuk, namum demikian Jemaah Majelis Sholawat Asuhgil Kubro justru melaksanakan salat Iduladha pada hari ini Minggu (16/6/2024). Jemaah yang mayoritas berawal dari Bantul bagian selatan ini menggelar salat Iduladha di Halaman Parkir Harmoni, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul.

1. Rayakan Iduladha karena mengikuti rukyat atau isbat penduduk di Makkah

Jemaah Majelis Sholawat Asuhgil Kubro melaksanakan salat Iduladha.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Panitia Salat Idul Adha 1445 Hijriah Majelis Sholawat Asyghil Kubro Ibnu Aliea mengaku lebih dulu merayakan Idul Adha karena mengikuti rukyat atau isbat penduduk di Makkah.

“Kalau untuk Idul Fitri ngikutin rukyat global sedangkan Iduladha rukyat Makkah. Jadi apapun Makkah mulai kami mulai,” katanya.

2. Beda rukyat global dan rukyat lokal

Jemaah Majelis Sholawat Asuhgil Kubro melaksanakan salat Iduladha.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya yang dimaksud rukyat global adalah tidak terbatas di Indonesia saja. Ketika di negara muslim di luar Indonesia sudah ada yang melihat rukyat itu berlaku untuk negeri lain. Sedangkan untuk rukyat di Indonesia dinilainya sebagai rukyat lokal.

Rukyat lokal itu dilakukan oleh wilayah masing-masing.

"Ketika tidak terlihat rukyatnya di wilayah tersebut berarti daerah tersebut tidak menetapkan satu zulhijah sehingga hari berikutnya," ujarnya.

Baca Juga: Persaudaraan Mubalig Jogja Salat Idul Adha Hari ini

Berita Terkini Lainnya