TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UGM Usulkan Dieng Jadi Taman Bumi Nasional

Hidrotermal tak cuma menyajikan pemandangan unik

Wilayah Kerja Panas Bumi di Dieng (Dok. UGM)

Intinya Sih...

  • Dataran Tinggi Dieng diusulkan menjadi Taman Bumi Nasional oleh Fakultas Teknik UGM, PT Geo Dipa Energi (Persero), dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
  • Pengunjung Dieng dapat melihat proses hidrotermal yang tidak hanya menyajikan pemandangan unik tetapi juga membentuk sumber energi terbarukan.
  • Pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk mewujudkan kemandirian energi dan perekonomian lokal yang ramah lingkungan melalui pariwisata dan pertanian berbasis panas bumi.
  •  

Sleman, IDN Times - Dataran Tinggi Dieng diusulkan menjadi Taman Bumi Nasional oleh Fakultas Teknik UGM, PT Geo Dipa Energi/GDE (Persero) sekaligus Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Serangkaian Focus Group Discussion (FGD) telah digelar sebelumnya oleh berbagai pihak sebagai awal pembahasan pengusulan tersebut di GDE Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, pada awal September lalu.

1. Keistimewaan Dieng, hidrotermal sebagai sumber energi terbarukan

Dosen Teknik Geologi UGM sekaligus Pakar Panas Bumi, Pri Utami, menjelaskan pengunjung di Dieng dapat melihat secara langsung proses hidrotermal atau proses pembentukan mineral yang terjadi di sekitar sumber panas bumi).

Fenomena alam ini, menurut Utami, tidak hanya menyajikan pemandangan unik tetapi juga membentuk sumber energi terbarukan.

"Saya kira pentingnya ilmu geologi untuk mentransformasikan legenda-legenda tentang panas bumi di Dieng menjadi penjelasan ilmiah. Hal tersebut merupakan penghormatan terhadap nenek moyang yang telah mengemas nilai-nilai pelestarian lingkungan di Dieng jauh sebelum ilmu dan teknologi panas bumi berkembang," jelas Utami dalam keterangan yang diterima, Senin (9/9/2024).

2. Pengelolaan SDA butuh hati nurani

Di sisi lain Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Yudistian Yunis, menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk mewujudkan kemandirian energi dan perekonomian lokal yang ramah lingkungan. Caranya, menurut dia, bisa melalui pariwisata dan pertanian berbasis panas bumi.

Sebagai informasi, PT GDE (persero) adalah salah satu BUMN di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

General Manager PT GDE Unit Dieng, Herdian Ardi Febrianto menambahkan, kolaborasi antar bidang keilmuan dalam industri panas bumi sangat dibutuhkan. Pasalnya, menurutnya, di tengah ramai pemakaian kecerdasan buatan, akan tetapi dalam pengelolaan sumber daya alam dibutuhkan manusia dengan hati nurani agar tak merusak alam terutama dari generasi muda.

"Kita mengajak mahasiswa Teknik Geologi UGM untuk turut meneliti area-area panas bumi di Dieng yang belum semuanya dikembangkan," katanya.

Baca Juga: UGM Manfaatkan Limbah Gigi dan Tulang Hewan untuk Irigasi Sawah

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya