TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

LPSK Siap Fasilitasi Ganti Rugi Korban Penipuan Tiket Coldplay

Tapi belum ada yang ajukan bantuan

konser Coldplay di Jakarta pada Rabu, 15 November 2023 (IDN Times/Rendy Anwar)

Sleman, IDN Times - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan siap memfasilitasi para korban penipuan penjualan tiket konser Coldplay dengan nilai kerugian mencapai Rp5,1 miliar.

Wakil Ketua LPSK Antonius Wibowo mengatakan, pihaknya siap membantu pengajuan restitusi alias ganti rugi terhadap pelaku Ghisca Debora Aritonang (19) yang telah mengelabui penjualan sebanyak 2.268 tiket.

1. Belum ajukan permohonan

konser Coldplay di Jakarta pada Rabu, 15 November 2023 (IDN Times/Rendy Anwar)

Kendati, Antonius menyebut jika sejauh ini pihaknya belum menerima permohonan bantuan untuk upaya ganti rugi korban Ghisca.

"Para korban karena perlindungan yang diberikan LPSK itu kan sifatnya voluntary atau sukarela. Memang korban harus mengajukan permohonan perlindungan. Sampai hari ini memang belum ada pengajuan permohonan perlidungan untuk korban tiket Coldplay itu belum ada," kata Antonius di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (23/11/2023).

2. Contohkan kasus Indosurya dan Viral Blast

Menurut Antonius, pengajuan restitusi oleh para korban secara kajian memungkinkan untuk dilakukan. Dia mencontohkan kasus penipuan dan penggelapan dana KSP Indosurya atau kasus investasi bodong robot trading Viral Blast Global (PT Trust Global).

"Ada contoh konkret ya, kejahatan penipuan dan pencucian uang yang sifatnya massal. Itu kan juga korbannya bisa mendapat fasilitasi restitusi dari LPSK," tutur Antonius.

Untuk kasus investasi bodong robot trading Viral Blast Global (PT Trust Global), kata Antonius, proses ganti ruginya sedang berproses setelah Mahkamah Agung (MA) menguatkan putusan Pengadilan Negeri Surabaya.

"Itu akan diberikan penggantian kerugian berupa restitusi yang sudah diputus oleh Pengadilan Negeri Surabaya dan dikuatkan oleh Mahkamah Agung dalam putusan kasasi," pungkasnya.

Baca Juga: Ghisca Debora Aritonang Jadi Tersangka Penipuan Tiket Konser Coldplay

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya