Comscore Tracker

Hadir di Ruang Virtual, Pesta Boneka Suguhkan Tema tentang Pandemik

Seniman dari 22 negara ikut bergabung dalam Pesta Boneka #7 

Sleman, IDN Times - Pesta Boneka ke-7 yang diselenggarakan oleh Papermoon Puppet Theatre kembali memanjakan para pencinta boneka mulai hari ini, 5 Oktober hingga 11 Oktober 2020.

Berbeda dengan gelaran yang dilakukan tahun sebelumnya, pesta boneka hari ini hadir di ruang virtual bersama puluhan seniman dari berbagai negara.

1. Akan membawakan beberapa tema tentang pandemik

Hadir di Ruang Virtual, Pesta Boneka Suguhkan Tema tentang PandemikPapermoon Puppet Theatre akan kembali menyelenggarakan Pesta Boneka. Dok: istimewa

Co-founder dan Co-artistic Director Papermoon Puppet Theatre, Maria Tri Sulistyani atau yang akrab dipanggil Ria Papermoon menjelaskan hadirnya pesta boneka secara virtual di tengah pandemik ini, salah satunya ingin membawa energi positif untuk para penonton. Sebagai seniman, menurutnya memiliki peran penting untuk berkontribusi dalam situasi yang sedang sulit seperti saat ini.

"Sebagai seniman kita bisa melakukan apa sih? Apa fungsi seni sebenarnya di dalam kondisi seperti sekarang? Kita ingin memberikan energi positif, jadi imun akan lebih baik," ungkapnya pada Senin (5/10/2020).

Bukan hanya itu, Ria menyatakan dirinya bersama beberapa seniman akan membawakan pertunjukan dengan tema mengenai pandemik COVID-19.

Baca Juga: Hidupkan Boneka di Panggung Teater, Ini Kisah Inspiratif Ria Papermoon

2. Sebanyak 40 seniman dari 22 negara ikut bergabung dalam Pesta Boneka #7

Hadir di Ruang Virtual, Pesta Boneka Suguhkan Tema tentang PandemikPesta Boneka. Dok: istimewa

Tahun ini pesta boneka menghadirkan puluhan seniman dari berbagai negara. Tercatat sebanyak 40 seniman dari 22 negara berpartisipasi pada gelaran tahun ini. Ria mengaku  meskipun dilakukan dengan medium daring, animo para seniman untuk bisa bergabung dalam kegiatan sangat luar biasa.

"Pada akhir 2019 sekitar kelompok seniman akan berpartisipasi. Karena pandemik pada Mei 2020, kami bertanya apakah mereka masih tertarik berpartisipasi di pesta boneka dengan format yang berbeda, dan ternyata mengejutkan kita punya seniman dari berbagai negara lebih dari yang kita duga," terangnya.

 

3. Ruang virtual membuat pesta boneka bisa dinikmati pecinta boneka dari seluruh dunia

Hadir di Ruang Virtual, Pesta Boneka Suguhkan Tema tentang PandemikPapermoon Puppet Theatre akan kembali menyelenggarakan Pesta Boneka. Dok: istimewa

Meski secara virtual, animo dari penonton yang telah mendaftar sangat luar biasa. Tercatat ada berbagai peserta dari berbagai wilayah di Indonesia sudah mendaftarkan diri. Menurutnya, pesta boneka yang digelar secara virtual sebenarnya juga memberikan kesempatan kepada pencinta boneka dari berbagai wilayah untuk turut hadir dengan mudah.

"Justru lewat virtual, teman yang ada di Indonesia Timur atau pun di mana pun bisa mengakses pesta boneka," paparnya.

Sebelum digelar acara pesta boneka, Papermoon Puppet Theater dan EPIC Team dari The Artground Singapore mengadakan serangkaian workshop untuk pembuatan dua karya baru oleh EPIC Team di pertengahan bulan September.

Ria menjelaskan jika hasil dari lokakarya ini akan menjadi salah satu pertunjukan berjudul “Tacet” dan diskusi panel mengenai “Puppetry For Babies” yang bisa dinikmati oleh penonton Pesta Boneka #7.

Tidak ketinggalan pula, salah satu program andalan pesta boneka “When Puppeteer’s Cook” juga akan diselenggarakan. Dalam program ini, para seniman akan diminta memasak menu favorit mereka.

Baca Juga: Bertahan di Masa Pandemik Seniman Jogja Berkarya Melalui Sosial Media

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya