Comscore Tracker

Terungkap, Adegan Terhapus Ray Sahetapy di Captain America: Civil War

Adegannya dihapus karena aktingnya terlalu bagus?

Salah satu aktor kawakan Indonesia, Ray Sahetapy, pernah ikut serta dalam produksi film Marvel Cinematic Universe (MCU) Captain America: Civil War (2016). Namun sayangnya meskipun sudah menyelesaikan proses syuting, adegan Ray Sahetapy tidak jadi digunakan oleh Marvel Studios. 

Sudah 3 tahun lebih Captain Amercia: Civil War ditayangkan, dan deleted scene yang memuat adegan Ray Sahetapy akhirnya dimuat dalam Infinity Saga Collector's Edition yang merupakan box set berisi rangkuman film MCU mulai dari Iron Man (2008), hingga Spider-Man: Far From Home (2019). Penasaran bagaimana adegan Ray Sahetapy yang dihapus ini?

1. Berperan menjadi juru lelang

Terungkap, Adegan Terhapus Ray Sahetapy di Captain America: Civil WarYoutube.com/marvel indo

Ray Sahetapy berperan sebagai seorang juru lelang di Indonesia. Diketahui peninggalan mantan administrasi Hydra yang mati terbunuh di perbatasan Syria yang berupa senjata, artefak dan beberapa perlengkapan ditemukan dan dilelang di Indonesia oleh juru lelang yang diperankan oleh Ray Sahetapy.

Dalam adegan yang dihapus ini pun sang juru lelang menggunakan bahasa Indonesia dan terlihat beberapa orang Indonesia dengan pakaian khas seperti peci dan batik juga menghadiri lelang ini.

2. Beradu akting dengan musuh utama, Zemo

Terungkap, Adegan Terhapus Ray Sahetapy di Captain America: Civil WarYoutube.com/marvel indo

Di sini Ray Sahetapy beradu akting langsung dengan Baron Zemo (Daniel Bruhl) yang merupakan biang kerok penyebab Iron Man dan Captain America saling bermusuhan di film. Zemo merupakan tokoh jahat penting dalam MCU karena bakal hadir kembali di fase keempat serial MCU Falcon and The Winter Soldier (2020).

Dalam adegan tersebut, Ray Sahetapy menyadari adanya penyusup di pelelangan tertutup yang ternyata adalah Zemo yang sudah merencanakan kejahatan untuk mendapatkan barang lelang tersebut.

3. Mengisahkan tentang awal mula Zemo mendapatkan buku Winter Soldier

Terungkap, Adegan Terhapus Ray Sahetapy di Captain America: Civil WarYoutube.com/marvel indo

Zemo menggunakan buku merah Winter Soldier berlambangkan bintang yang isi bukunya bisa digunakan untuk memerintah Bukcy Barnes alias Winter Soldier agar mengacaukan kota, membunuh ayah T'challa (Black Panther), mengungkap kematian orangtua Tony Stark dan mengadu domba antara Iron Man dengan Captain America, sahabat Bucky.

Di film versi finalnya, Zemo mendapatkan buku tersebut dengan cara merampasnya langsung dari tangan mantan pemimpin program Winter Soldier, Vasily Karpov. Namun di adegan yang dihapus ini, Zemo mendapatkannya dengan cara menyusup ke pelelangan dan membunuh semua orang di tempat lelang tersebut dengan gas beracun untuk mendapatkan buku Winter Soldier tersebut.

4. Adegannya dihapus karena akting Ray Sahetapy terlalu menonjol

Terungkap, Adegan Terhapus Ray Sahetapy di Captain America: Civil WarYoutube.com/marvel indo

Adegan Ray Sahetapy terpaksa dihapus oleh sutradara film, Joe Russo, karena adegan tersebut adalah adegan pengenalan kemunculan Zemo yang mereka anggap terlalu janggal karena Zemo yang muncul terlihat kurang mencolok dibandingkan peran Ray Sahetapy yang totalitas memerankan juru lelang. Joe Russo berharap bisa mengajak kembali Ray Sahetapy di proyek film Marvel selanjutnya.

Ray Sahetapy dan masyarakat Indonesia pun kecewa dengan keputusan penghapusan adegan ini. Namun kekecewaan para fans cukup terobati dengan dirilisnya Infinity Saga Collector's Edition yang didalamnya memuat berbagai adegan yang tidak ditayangkan di film termasuk adegan Ray Sahetapy ini. Penasaran seperti apa lengkapnya adegan Ray Sahetapy di Captain America: Civil War? Berikut videonya.

5. Begini adegan Ray Sahetapy di Captain America: Civil War yang dihapus

https://www.youtube.com/embed/BCXhX-MM9kA

Kita patut bangga bahwa hasil akting Ray Sahetapy memang benar-benar memukau seperti yang dikatakan oleh Joe Russo. Sehingga meskipun tidak ditayangkan di film finalnya, setidaknya masih ada kesempatan untuk Ray Sahetapy maupun aktor Indonesia lainnya berlaga di film-film MCU karena tandanya pihak Marvel sudah melirik bakat-bakat aktor Indonesia melalui Ray Sahetapy.

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya