TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Merebaknya COVID-19 

Ini tips tingkatkan daya tahan tubuh dari ahli gizi UGM

Ilustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sleman, IDN Times - Kasus COVID-19 di Indonesia tengah melonjak. Untuk itu, setiap orang diharapkan bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah terpapar dari virus corona.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dr. Toto Sudargo dan dr. Fasty Arum Utami, membagikan tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

1. Lakukan olahraga teratur dan istirahat cukup

Ilustrasi olahraga (IDN Times/Mardya Shakti)

Toto menjelaskan, hal yang perlu dilakukan adalah olahraga teratur dengan intensitas sedang. Yakni dilakukan 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-45 menit. Olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi. Selain itu juga istirahat yang cukup dan selalu berpikir positif.

“Neural exercise, misalnya pernapasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran," ungkapnya pada Jumat (25/6/2021).

Baca Juga: Benarkah Ivermectin Ampuh untuk Terapi COVID-19? Ini Kata Pakar UGM 

2. Standar gizi harus dipenuhi

Ilustrasi makanan bergizi (Pexels/Trang Doan)

Tidak kalah penting adalah menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imun. Hal ini dilakukan dengan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Toto menjelaskan, makanan yang mengandung vitamin C, seperti semua buah segar, sayur segar juga diperlukan.

“Juga makanan-makanan yang mengandung vitamin E, seperti kecambah, kacang hijau, telor, almon, minyak zaitun dan zink, contoh bahan makanannya jamur, kecambah kacang hijau, udang, daging, selada air, alpukat, kacang almon dan membatasi konsumsi gula garam dan lemak sesuai anjuran Isi Piringku," terangnya.

3. Luangkan waktu untuk berjemur

ilustrasi terpapar sinar matahari (pexels.com/Maggie Zhan)

Selanjutnya, diperlukan juga untuk meluangkan waktu agar terkena paparan sinar matahari dan melakukan aktivitas fisik rutin. Sementara untuk menghindari penularan COVID-19 maka cuci buah dan sayur sebelum dimasak atau dikonsumsi dan memastikan lauk dimasak dengan matang sempurna.

Lalu, meskipun seseorang sudah divaksinasi, juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Masyarakat tetap saja diharapkan menjalankan perilaku disiplin protokol kesehatan 3M," katanya.

Baca Juga: Waspadai Gejala COVID-19 pada Anak, Tak Sama dengan Orang Dewasa

Berita Terkini Lainnya