TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Membuat Nasi Liwet ala Rumahan lebih Wangi

Siap-siap makan banyak nih!

ilustrasi nasi liwet di atas daun pisang (vecteezy.com/Ridwan Saputra)

Nasi liwet adalah kuliner yang mempunyai rasa yang gurih dan beraroma harum. Nah, untuk memperoleh nasi liwet yang wangi seperti yang dijual di restoran, ternyata bisa dilakukan di rumah lho. Pengin tahu cara memasaknya, yuk pratikkan lima kiatnya di bawah ini. Siap-siap makan banyak ya!

1. Siapkan serai hingga daun jeruk

Kunci penting untuk menghasilkan nasi liwet yang wangi adalah penggunaan daun salam, jeruk, sampai serai. Komponen ini membuat nasi semakin harum dan gurih. Cuci semua bahan, geprek serai supaya aromanya semakin keluar. Untuk daun jeruk bisa diremas atau diiris untuk mendapatkan keharumannya.

2. Tumis bawang merah sampai harum

Bumbu dasar dalam proses pembuatan nasi liwet, tidak bisa dijauhkan dari bawang merah dan putih. Kedua bumbu ini bisa kamu iris tipis sebelum dimasak supaya aroma dan rasanya lebih enak. Berikutnya tumis dengan minyak secukupnya.

Pastikan bawang dimasak sampai harum dan matang. Cara tersebut diperlukan untuk meminimalisir bau langu serta meningkatkan aroma dan rasa nasi liwet. 

Baca Juga: Resep Nasi Daun Jeruk Gurih, Rasanya Pasti Nagih!

3. Masukkan ikan asin beraroma tajam

Selain dimasak sebagai lauk pendamping, ikan asin juga dapat dimasukkan ke dalam nasi liwet untuk memperoleh aroma yang lebih kuat. Kamu bebas menentukan ikan asin yang disuka, kemudian goreng sampai garing. Tiriskan hingga minyaknya berkurang.

Sesaat nasi liwet hampir matang, tambahkan ikan asin ke dalam panci masak. Diamkan selama beberapa menit sampai liwet matang sempurna. Kombinasi keharumannya jadi semakin memikat.

4. Tambahkan petai bila suka aromanya

Tambahan petai akan membuat nasi liwet semakin berkarakter. Untuk mendapatkan aroma tersebut, pastikan petai yang dipilih masih segar dan bagus, lantaran beberapa petai kerap mengeluarkan ulat lantaran kualitasnya yang buruk. Jika kamu tidak menyukai petai, maka masaklah terpisah dan tak perlu dimasukkan ke dalam panci nasi.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya