Comscore Tracker

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!

Apalagi kalau naik angkutan umum, duh, repot

Setelah lama di kota rantau, akhirnya kamu bisa mudik dan kembali ke pelukan keluarga. Berapapun biayanya, jarak jauh pun pasti kamu tempuh. Namun, buat sebagian orang, mudik pun jadi tantangan tersendiri. 

Salah satunya adalah mabuk perjalanan, apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Tenang, mabuk perjalanan bisa dihindari kok seperti dengan 5 cara ini. Coba yuk, biar pengalaman mudikmu tahun ini gak banyak drama!

1. Usahakan duduk menghadap ke depan

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!ilustrasi berkendara (pexels.com/@punchbrandstock)

Jika kamu sering mabuk perjalanan, pastikan untuk selalu menghadap arah depan atau ke arah tujuan perjalanan. Dilansir dari laman Healthline, ini akan membantu keseimbangan antara indra visual dan telinga bagian dalam. 

Inilah mengapa orang yang sering mabuk lebih baik duduk di kursi depan saat naik mobil. Begitu juga jika akan mudik dengan kapal, coba untuk bergerak dari arah belakang dan duduk di kursi depan untuk mengurangi gejala. 

2. Membuka kaca jendela atau mengarahkan kipas angin ke wajah

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!ilustrasi berkendara (unsplash.com/@averieclaire)

Saat kamu sudah mulai pusing, timbul mual, dan sesak, sebaiknya langsung buka jendela mobil. Oksigen dari udara terbuka akan menghindarkan dari perasaan penat, membuat lebih nyaman, dan rileks. 

Sayangnya, gak semua kendaraan bisa buka jendela seperti ini, sebut saja saat naik kereta. Dan pertolongan lain adalah dengan menggunakan kipas angin yang diarahkan ke wajah. Hindari juga orang yang sedang merokok karena asap rokok memperburuk gejalanya. 

Baca Juga: 5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!

3. Makan makanan ringan dengan rasa gurih

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!potato chips (unsplash.com/@nhew)

Sebelum mudik, pastikan untuk mengisi perut sampai kenyang, ya! Namun, mengudap makanan ringan seperti biskuit rasa asin atau makan permen rasa mint, bisa membantu meredakan mual. 

Utamakan camilan sehat dan enak seperti rasa buah-buahan, roti, dan dari kacang-kacangan. Gak hanya itu, mengudap akan membantu mengalihkan pikiran dari rasa tegang akan mabuk. Dan, hindari makanan berat, berminyak, dan asam karena akan sulit dicerna.

4. Minum minuman berkarbonasi dan dingin

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!ilustrasi piknik (unsplash.com/@swell)

Selain makanan gurih dan menyegarkan yang bisa dipilih, coba untuk minum minuman berkarbonasi dan dingin. Minuman sejenis ini bisa mengurangi rasa mual, loh. Atau jika ingin yang lebih sehat kamu bisa memilih jus apel atau buah lainnya. 

Minuman hangat dari jahe dan teh pun gak ada salahnya buat dicoba. Hindari minuman seperti kopi atau dengan kafein lain yang akan menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala. 

5. Alihkan pikiran dengan musik atau bercakap-cakap

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!ilustrasi perjalanan (unsplash.com/@flpschi)

Saat mudik, yuk, buat dirimu tetap sibuk supaya gak khawatir lagi? Jika sudah bosan mengudap, kamu bisa menyalakan musik dengan lagu kesukaan. Mengutip Healthline, mendengarkan musik dapat membantu mengatasi mual dan gejala fisiologis lain yang terkait dengan mabuk perjalanan, lho. 

Atau, kamu juga boleh bercakap-cakap dengan teman atau jika naik kendaraan umum, coba sapa orang yang ada di samping atau depanmu. Bisa dapat teman baru, nih!

6. Hindari main ponsel dan membaca buku

6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!ilustrasi bermain ponsel (pexels.com/@tim-samuel)

Orang yang mabuk perjalanan umumnya adalah orang dengan keseimbangan sensorik antara mata dan telinga yang kurang. Makanya, saat main ponsel, justru akan memperburuk gejala mabuknya. 

Sama halnya dengan membaca buku, terlihat menyenangkan untuk dilakukan di perjalanan, tapi kurang disarankan untuk yang sering mabuk perjalanan. Pilih alternatif lain sebagai hiburan atau malah tidur selama perjalanan pun tak masalah. 

Jangan sampai mabuk perjalananmu jadi bikin trauma untuk pulang, ya. Cukup tenang dan lakukan hal-hal di tadi sebagai upaya mengurangi gejalanya. Selamat mudik dan hati-hati di jalan!

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Arah Mata Angin di Jogja ala Warga Lokal

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya