Comscore Tracker

5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!

Yogyakarta tetap istimewa dan berhati nyaman

Aksi klitih yang kembali marak di Yogyakarta membuat berbagai elemen masyarakat merasa khawatir. Aksi kejahatan menyakiti fisik orang lain di jalanan yang kerap dilakukan di malam hari ini, telah menelan korban jiwa dan mencoreng citra Yogyakarta sebagai kota yang ramah, berbudaya, dan nyaman. 

Meski sampai saat ini tidak ada wisatawan yang menjadi korban klitih, tetapi ada kekhawatiran hal itu akan menimbulkan dampak negatif di sektor pariwisata.

Kini, Pemerintah Daerah bersama-sama dengan Kepolisian, hingga masyarakat Yogyakarta bersama-sama memerangi aksi klitih ini agar rasa aman kembali tercipta. Ketakutan dan kekhawatiran akan aksi kejahatan klitih sudah menurun. 

Agar tetap merasa aman dan nyaman, tidak ada salahnya melakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko kejahatan menimpa kamu ketika liburan di Yogyakarta. Apa saja yang harus dilakukan? Bagi yang penasaran, yuk, simak artikel ini sampai selesai! 

1. Rencanakan liburanmu jauh-jauh hari

5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!ilustrasi menulis rencana (pixabay.com/Pexels)

Riset yang mendalam menjadi langkah awal untuk membawamu liburan yang aman dan nyaman. Hal ini bisa terjadi kalau kamu melakukannya jauh-jauh hari sebelum liburan. 

Cari tahu pengalaman positif dan negatif para turis yang pernah mengunjungi kota destinasi wisatamu ini. Cari tahu kemungkinan baik dan buruk yang bisa terjadi, bagaimana solusi menghadapi masalah tersebut, dan bagaimana cara mencegahnya. 

Tak hanya perspektif wisatawan, kamu juga perlu bagaimana cara masyarakat setempat berperilaku. Perhatikan bagaimana cara mereka melindungi dirinya, melihat tanda-tanda kondisi setempat sedang 'nyaman' atau tidak, dan hal-hal lain. Dengan merencanakan liburan sebaik mungkin, risiko negatif bisa kamu minimalisir. 

2. Tetap waspada dengan lingkungan sekitarmu

5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!ilustrasi jalan di Yogyakarta (unsplash.com/Farhan Abas)

Tindakan kriminalitas bisa terjadi kapan dan di mana saja, bahkan ketika kamu berada di area yang dianggap aman sekali pun. Itulah mengapa kamu harus tetap waspada dengan lingkungan sekitarmu. 

Kalau kamu merasa ada seseorang yang mengikutimu, segeralah pergi ke tempat yang lebih ramai. Tetapi jangan terlalu padat juga sehingga kamu jadi sulit untuk fokus. 

Selain itu, ketika kamu mengunjungi lokasi wisata yang sangat ramai, pastikan dompet, uang, dan ponselmu berada di lokasi yang sulit dijangkau orang lain.

Pastikan juga tidak menerima telepon saat berada di keramaian. Biasanya ketika sedang telepon, kamu lebih berkonsentrasi untuk berbicara atau mendengarkan. Alhasil, kamu jadi tidak waspada dengan lingkungan sekitar. 

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Arah Mata Angin di Jogja ala Warga Lokal

3. Siapkan perlindungan untuk diri kamu sendiri

5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!ilustrasi menelepon (unsplash.com/Osama Saeed)

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu perlu melindungi dirimu sendiri. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan perangkat pelacak dalam hp sehingga orang-orang yang kamu percaya bisa selalu memantau pergerakanmu. 

Kamu juga perlu membuat daftar telepon cepat yang berisi nomor penting. Misalnya, nomor hotline emergency call atau telepon darurat '112' di urutan pertama, nomor telepon kepolisian setempat, nomor telepon rumah sakit setempat, nomer telepon nomor telepon keluarga, dan lainnya. 

Membawa obat-obat perjalanan juga perlu kamu siapkan, seperti obat sakit kepala, obat flu, obat sakit perut, obat demam, minyak kayu putih, plester, dan lainnya. Tak lupa, siapkan salinan dokumen pribadi seperti SIM, KTP, dan kartu-kartu penting lainnya agar bisa mengambil langkah selanjutnya jika terjadi kecopetan, ketinggalan, atau hilang. 

4. Pergi berkelompok ketika liburan di malam hari

5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!ilustrasi wisata malam Malioboro (pexels.com/Andrian N)

Kalau belum mengenal area liburan dengan baik, tidak ada salahnya bersama-sama dengan teman-teman ketika mengunjungi spot wisata malam. Pergi berkelompok di malam hari dinilai lebih aman dibandingkan jalan sendirian. 

Akan lebih baik lagi jika kamu mengenal seorang atau beberapa teman yang merupakan penduduk lokal. Setidaknya, mereka lebih mengenal kota tersebut lebih baik dirimu. Nantinya, mereka akan mengarahkan ke spot wisata malam yang aman dan nyaman untukmu.

5. Tetap low profile dan berbaur dengan masyarakat sekitar

5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!ilustrasi masyarakat lokal Jogja (unsplash.com/Farhan A)

Tampilan yang mencolok dan berbeda dari orang sekitar bisa mengundang kejahatan mendekatimu, lho. Menjaga diri tetap low profile adalah kunci kamu tetap nyaman berwisata. 

Cobalah berbaur dengan penduduk setempat dengan menghindari barang yang membuatmu mencolok. Sebagai contoh, tidak memakai perhiasan yang mewah ketika kamu jalan-jalan ke pasar tradisional. 

Semoga beberapa tips di atas bisa membuatmu merasa aman dan nyaman liburan panjang, terlebih saat berada di Yogyakarta. Jangan ragu untuk bertegur sapa dengan penduduk setempat ketika kamu liburan panjang di Kota Gudeg ini. 

Aksi klitih dilakukan oleh sebagian kecil oknum, sedangkan masyarakat Yogyakarta dikenal ramah dan menyenangkan. Jadi, jangan ragu liburan di Yogyakarta yang tetap istimewa dan berhati nyaman, ya! 

Baca Juga: 10 Inspirasi Berfoto di Tugu Yogyakarta, Aman dan Tetap Hits

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya