Comscore Tracker

Bertualang dengan Lava Tour Merapi: Rute, Harga, dan Tips

Yuk, lihat sisi lain Gunung Merapi dengan mengendarai jip!

Bagi pencinta wisata alam, Lava Tour Merapi dapat menjadi salah satu pilihan terbaik saat menyambangi wilayah Sleman, DI Yogyakarta. Kamu akan diajak bertualang dengan mobil jenis jip untuk menikmati pemandangan lereng Merapi sekaligus mengunjungi tempat-tempat yang terdampak erupsi pada 2010.

Nah, sebelumnya, ketahui dulu sejumlah informasi terkait Lava Tour Merapi ini, mulai dari lokasi, tarif harga, dan tips berwisata berikut ini. 

Baca Juga: Teraskaca Sensasi Minum Kopi di Ketinggian 30 Meter, Mau Coba?    

1. Lokasi dan jam operasional Lava Tour Merapi

Bertualang dengan Lava Tour Merapi: Rute, Harga, dan TipsLava Tour Merapi (Instagram/lavatourmerapi_)

Untuk bisa menikmati tur ini, kamu bisa datang langsung ke kawasan Kaliurang dan Kaliadem yang berada di Kecamatan Cangkringan maupun Pakem, Kabupaten Sleman. Tidak sulit untuk pergi ke Lava Tour Merapi karena tidak terlalu jauh dari pusat kota, arahkan kendaraan ke utara untuk menyusuri Jalan Kaliurang. 

Lava Tour Merapi buka sejak dini hari hingga menjelang sore. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan di sini adalah ketika musim kemarau. Namun, perlu diingat bahwa kondisi terbaik di tempat wisata ini sangat bergantung pada status dan kondisi Gunung Merapi.

2. Tarif per jip bervariasi tergantung jenis tur

Bertualang dengan Lava Tour Merapi: Rute, Harga, dan TipsLava Tour Merapi (Instagram/lavatourmerapi_)

Datang bersama rombongan, kamu dapat memilih paket wisata dengan harga yang beragam. Setiap paket sudah termasuk dengan tiket masuk untuk sejumlah titik pemberhentian, sehingga wisata ini lebih cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman.

Paket yang tersedia antara lain sunrise trip dengan durasi tiga jam dengan tarif Rp450 ribuan per jip. Short trip untuk empat orang dengan durasi satu setengah jam seharga Rp350 ribuan per jip, serta super long trip untuk durasi 3–3,5 jam seharga Rp650 ribuan per jip.

Armada jip biasanya sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dan helm. Harga di atas, sudah termasuk driver, BBM, serta tiket destinasi yang akan dikunjungi.

Kamu juga akan memperoleh asuransi Jasa Raharja dengan pemandu wisata dan fotografer oleh driver jeep. Teh hangat dan masker, bahkan juga diberikan untuk memenuhi kebutuhan kamu selama berwisata. 

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Sleman Cocok Jadi Pilihan Tempat Liburan Akhir Tahun

3. Beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati

Bertualang dengan Lava Tour Merapi: Rute, Harga, dan TipsLava Tour Merapi (instagram.com/ruddy_arka)

Selain menikmati pemandangan Merapi dari dekat, kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi yang terdampak oleh erupsi gunung di sini. Antara lain, batu alien di Desa Kepuharjo, Cangkringan yang tidak kalah populer. 

Ada pula Bunker Kaliadem yang dijadikan tempat pemberhentian sebagai saksi dari peristiwa gugurnya dua orang relawan. Jika langit sedang berada dalam kondisi baik, wisatawan dapat memperoleh pemandangan indah dari sini. 

Museum Sisa Hartaku juga patut untuk kamu kunjungi karena merupakan bekas rumah dan sanggar seni yang terkena terjangan panasnya Merapi. Destinasi lainnya yang juga patut untuk dicoba adalah rumah almarhum Mbah Maridjan yang merupakan juru kunci Gunung Merapi. Lalu, The Lost World Castle yang disukai oleh anak-anak.

4. Tips menikmati Lava Tour Merapi

Bertualang dengan Lava Tour Merapi: Rute, Harga, dan TipsLava Tour Merapi (Instagram/lavatourmerapi_)

Tadinya, tour hanya dilakukan dengan memanfaatkan kendaraan jenis trail, tetapi erupsi yang terjadi pada tahun 2010 berhasil mengubah kondisi destinasi wisata tersebut. Sebagian besar wilayah berubah karena banyak bagian yang hancur dan tenggelam karena lahar, sehingga penggunaan mobil jip lebih dimanfaatkan.

Pastikan jenis mobil yang kamu gunakan karena masing-masing memiliki performa berbeda. Cari tahu sendiri mengenai perbedaannya dari pemandu wisata, seperti jenis apa yang lebih nyaman digunakan? Apakah Hardtop, Land Cruiser, atau Willys?

Pastikan juga kondisi mobil berada dalam keadaan baik dengan sopir dan pemandu yang sudah mengantongi lisensi resmi, jangan sampai terjadi kecelakaan karena kelalaian dari sopir yang tidak berpengalaman. Cek juga ketersediaan fasilitas pengaman karena area penuh kubangan, sehingga akan menimbulkan banyak guncangan ketika kamu bersama rombongan pergi berkendara.

Sunrise trip mungkin menjadi salah satu pilihan trip terbaik karena kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit di lereng Merapi dengan udara yang bersahabat karena belum terik. Namun, siapkan baju hangat karena suhu udara cukup menusuk tulang.

Itu dia beberapa informasi yang sangat penting untuk kamu ketahui sebelum menjelajahi Lava Tour Merapi. Selalu jaga keselamatan diri dan bawalah perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan kamu selama berwisata. 

Baca Juga: Menjajal Flying Fox Terpanjang di Green Village Gedangsari

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya