Comscore Tracker

Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh 

Agenda wisata bulan Desember 2022 yang beragam

Bulan Desember selalu menjadi waktu paling tepat untuk berkunjung ke Jogja. Meskipun memasuki musim hujan, namun tak mengurangi keinginan saat berkunjung, terlebih banyaknya agenda wisata saat akhir tahun. Mulai dari festival, panggung hiburan sampai acara lari, rasanya sayang buat dilewatkan. Yuk, catat daftar lengkapnya di bawah ini dan ajak keluargamu berkunjung, ya!

1. Gugus Bagong (29 Oktober-3 Desember)

Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh gugus bagong (instagram.com/psbk_jogja)

Gugus Bagong adalah festival seni pertunjukan yang diadakan tiap dua tahun sekali. Berlokasi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) Bantul, memiliki tiga program unggulan yaitu Pranala – Mozaik – Rubik. Selain menjadi wadah pertunjukan, juga menjadi tempat berjejaring dan berdialog bagi ekosistem seni yang berkelanjutan.

2. Pameran AMEX (7 November – 30 Desember 2022)

Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh Pembukaan Pameran Annual Museum Exhibition (AMEX), di Museum Sonobudyo, Senin (7/11/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Pameran AMEX adalah agenda tahunan sebagai peringatan Ulang Tahun Museum Sonobudoyo yang tahun 2022 memasuki tahun ke-87. Annual Museum Exhibition (AMEX) tahun ini mengangkat tema besar Islamic Art dengan tajuk STAR & MOON : Apa yang Dibawa dan Disatukan oleh Lautan. Pameran berlokasi di Gedung Pameran Temporer Museum sonobudoyo, Jalan Pangurakan Nomor 4 Yogyakarta, mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Liburan Gak harus Mahal

3. Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1 ( 26 Nov – 04 Desember 2022)

Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh Teras Malioboro (instagram.com/sapto_koerniawan)

Buat kamu yang bingung dengan oleh-oleh khas Jogja, datang saja di Festival Oleh-oleh Teras Malioboro 1, beralamat di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta. Tepatnya persis di depan Pasar Beringharjo. 

Teras Malioboro merupakan tempat berkumpulnya para pedagang kaki lima (PKL) yang dulu menempati selasar di sepanjang Jalan Malioboro. Aneka craft stand dan culinary akan memanjakan mata dan perut, dijamin bikin kalap belanja!

4. MALIOBORO RUN 2022 (11 Desember 2022)

Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh malioboro run (instagram.com/bpddiy_maliobororun)

Untukmu yang menyukai agenda fun run, coba agendakan mengikuti event Malioboro Run dengan rute melewati berbagai bangunn ikonik di Yogyakarta. Antara lain Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer, Tamansari. Tersedia dua kategori yaitu jarak 5K dan 10K, para peserta lomba dan pengunjung akan dihibur oleh berbagai atraksi seni.

5. 276 Taun Hadeging Nagari Ngayogyakarta (23 Desember 2022)

Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh Keraton Yogyakarta (Google Street View)

Acara ini adalah perayaan atas berdirinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Di tahun ini telah memasuki 276 tahun. Diselenggarakan di Keraton Yogyakarta, acara ini diisi dengan doa bersama dengan permintaan kemakmuran dan kesejahteraan Nagari Yogyakarta.

Nah, meski agenda wisata bulan Desember tak seramai bulan sebelumnya, tentunya gak menyurutkan keinginanmu buat main ke Jogja kan? Selain datang ke berbagai event, kamu bisa berwisata ke berbagai bentang alam sampai wisata kuliner juga. Yuk, nikmati penghujung tahun di Jogja!

Baca Juga: 5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya