Gegara Suporter Lempar 2 Gelas Plastik, PSS Bayar Denda Rp50 Juta 

Komdis PSSI sudah berikan 2 kali hukuman ke PSS  

Sleman, IDN Times - Komite Disiplin PSSI kembali menjatuhkan denda kepada PSS sebesar Rp50 juta, lantaran lemparan dua gelas plastik yang dilakukan suporter Super Elang Jawa yang berada di Tribun Timur sisi Selatan saat pertandingan melawan Persebaya Surabaya Sabtu (27/8/2022) silam.

 

1. Sesalkan peristiwa serupa terulang

Gegara Suporter Lempar 2 Gelas Plastik, PSS Bayar Denda Rp50 Juta ilustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Denda tersebut termaktub dalam Salinan Keputusan Komite Disiplin PSSI BRI Liga 1 2022-2023, nomor 038/L1/SK/KD-PSSI/IX/2022 terkait tanggung jawab terhadap tingkah laku buruk penonton. Pemberian denda tersebut merujuk kepada pasal 70 ayat 1, ayat 4 dan lampiran 1 nomor 5 Kode Disiplin PSSI tahun 2018.

“Kami tentu sangat menyayangkan kejadian ini terjadi kembali. Sebelumnya kami sudah bilang bahwa hal seperti ini sepatutnya tidak terulang karena akan merugikan tim lawan serta PSS sendiri,” ujar Manajer Tim PSS, Dewanto Rahadmoyo, Selasa (6/9/2022).

 

2. Pelemparan dilakukan dilatarbelakangi PSS kalah

Gegara Suporter Lempar 2 Gelas Plastik, PSS Bayar Denda Rp50 Juta PSS Vs Persebaya di Stadon Maguwoharjo, Sabtu (27/8/2022) / pssleman

Insiden pelemparan tersebut dilakukan saat PSS menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo. Rasa amarah dan kekecewaan atas kekalahan PSS menurut Dewa sama-sama dirasakan.

“Saya tahu dan tentu kecewa serta marah sama seperti yang kalian rasakan. Namun jika tindakan selanjutnya dapat merugikan tim maka itu tentu tidak benar. Saya yakin dan percaya seluruh suporter PSS bisa lebih dewasa dan mematuhi peraturan di stadion,” ujarnya dikutip laman resmi PSS. 

 

Baca Juga: Suporter Lempar Air Mineral, PSSI Denda PSS Sleman Rp50 Juta 

Baca Juga: Pertandingan PSS Sleman Vs Persis Solo di Maguwoharjo Tanpa Penonton  

3. Komdis PSSI sudah berikan 2 kali hukuman ke PSS

Gegara Suporter Lempar 2 Gelas Plastik, PSS Bayar Denda Rp50 Juta foto logo PSS Sleman (psssleman.id)

Dewa mengajak seluruh suporter PSS untuk tidak mengulangi hal tersebut dan mematuhi segala peraturan yang telah diterapkan di stadion. Denda kali ini merupakan yang kedua kalinya. 

Sebelumnya PSS dijatuhkan hukuman serupa akibat pelemparan yang dilakukan oleh suporter dengan menggunakan minuman kemasan plastik berisi air dalam jumlah banyak dan benda asing yang meyerupai tongkat kayu ditujukan kepada tim PSM Makasar pada Sabtu (23//2022) yang dilakukan di Stadion Maguwoharjo. 

“Perlu kami tekankan juga jika hal tersebut terjadi kembali karena ini sudah yang kedua kali terjadi. Jika terjadi tiga kali, maka Komdis PSSI akan memberikan hukuman yang lebih berat dan berbeda untuk PSS ke depannya,” pungkasnya.

Baca Juga: PSS Vs Persis di Maguwoharjo, Seto: Kami Semua Belum Konsisten   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya