Alasan Disdikpora Bantul Tak Izinkan Arema FC Berkandang di SSA

Pihak manajemen Arema sudah memahami

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul resmi ‎menolak pengajuan manajemen Arema FC terkait izin penggunaan Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul sebagai homebase pada putaran kedua Liga 1 PSSI 2022/2023. Apa alasannya?

1. Pertimbangkan penolakan dari suporter di DIY

Alasan Disdikpora Bantul Tak Izinkan Arema FC Berkandang di SSABrajamusti, suporter PSIM Yogyakarta. (twitter.com/crazylionzine)

Kepala Disdikpora Kabupaten Bantul, Isdarmoko, mengungkap ada sejumlah faktor yang menyebabkan pihaknya tidak memberikan rekomendasi kepada Arema FC untuk bermarkas di SSA. Di antaranya, pihaknya mempertimbangkan penggunaan SSA dengan jadwal yang ada. Selain itu, Disdikpora juga berkoordinasi dengan polisi terkait keamanan.

"Untuk Arema FC yang akan menggunakan SSA sebagai kandang, maka dengan Bupati Bantul kita berkomunikasi untuk mendapatkan pertimbangan. Namun pada akhir-akhir ini muncul banyak penolakan dari suporter baik di Yogyakarta dan Bantul," ucapnya, Senin (9/1/2023)

"Bahkan kita ada surat dari suporter yang meminta agar izin Arema FC berkandang di SSA dipertimbangkan kembali. Karena banyaknya aspirasi dari berbagai pihak agar SSA tidak digunakan untuk home base Arema FC," tambahnya lagi.

Baca Juga: Brajamusti Ikut Tolak Arema Berkandang di Stadion Sultan Agung Bantul

2. Tak ingin ada masalah di kemudian hari

Alasan Disdikpora Bantul Tak Izinkan Arema FC Berkandang di SSABuntut bentrok antar kelompok, Pemkab Bantul tutup komplek Stadion Sultan Agung. (IDN Times/Daruwaskita)

SSA, kata Isdarmoko, bisa digunakan oleh masyarakat umum. Bahkan, sejumlah klub Liga 1 yang pernah berkandang di SSA tidak pernah dipermasalahkan. Namun, ketika Arema FC hendak berkandang di SSA, justru dipermasalahkan. Oleh karena itu, pihaknya tetap mengakomodasi berbagai aspirasi agar tidak bermasalah di kemudian hari.

"Jadi mumpung belum terlanjur maka kami menyampaikan surat kepada manejeman Arema FC tak mengizinkan Arema FC berkandang di SSA dan diminta untuk mencari lokasi lainnya," ungkapnya.

3. Manajemen Arema FC memahami keputusan Disdikpora Bantul ‎

Alasan Disdikpora Bantul Tak Izinkan Arema FC Berkandang di SSAPemain Arema FC, Aji Saka mendapat perawatan usai cedera saat latihan perdana Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Isdarmoko mengaku manajemen Arema FC sendiri tidak mempermasalahkan keputusan Disdikpora yang menolak SSA digunakan sebagai kandang Singo Edan.

"Tidak masalah manajemen Arema FC, mereka memahami mengapa kita menolak izin Arema FC berkandang di SSA Bantul," tandasnya.‎

Baca Juga: Pemkab Bantul Tolak Stadion Sultan Agung Dijadikan Kandang Arema     

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya