Gabung PSIM Jogja, Ini Profil Winger Lincah Alfriyanto Nico

Lini serang Laskar Mataram makin tajam!

Winger lincah asal Surakarta, Alfriyanto Nico, resmi didatangkan oleh PSIM Jogja untuk mengarungi sisa kompetisi Liga 2 2023/2024. Ocin, sapaan akrabnya, di datangkan PSIM Jogja dari Persija Jakarta dengan skema pinjaman hingga Maret 2024.

Kehadiran Nico tentu akan memberi warna, opsi sekaligus daya dobrak baru di sektor depan Laskar Mataram. Terlebih sebagai seorang pemain sayap, Ocin punya atribut yang komplet, ia cepat, bisa cut inside, umpan silangnya terukur, dan punya insting gol yang tinggi.

Penasaran dengan sosok pemain yang sudah debut di Liga 1 bersama Macan Kemayoran saat usia 18 tahun ini? Berikut adalah profil lengkapnya.

1. Memulai karier dari Persis Solo Junior hingga Persija Youth

Gabung PSIM Jogja, Ini Profil Winger Lincah Alfriyanto NicoAlfriyanto Nico saat berseragam Persija Jakarta Youth (instagram.cm/nico_alfriyan)

Pemain dengan nama lengkap Alfriyanto Nico Saputro lahir di Surakarta,  3 April 2000. Nico memulai karier sepakbolanya sejak duduk dibangku sekolah dasar dengan bergabung bersama SSB Ksatria. Beranjak dewasa ia bergabung dengan SSB Pop hingga akhirnya tampil bersama Persis Solo U-15 untuk Piala Soeratin 2018.

Ocin sejak remaja memang dikenal sebagai sosok yang gigih dalam mengejar mimpi. Dalam keadaan tidak punya uang, ia memberanikan diri datang ke Jakarta untuk daftar ke Persija U-16 dan bahkan rela tidur di masjid selama proses seleksi.

Perjuangannya berbuah manis, ia pun lolos ke Persija U-16 pada tahun 2019. Kariernya pun melesat saat menembus tim U-18, U-20, hingga akhirnya promosi ke tim utama pada 2021. 

2. Pernah mengikuti program Garuda Select

Gabung PSIM Jogja, Ini Profil Winger Lincah Alfriyanto NicoAlfriyanto Nico saat mengikuti program Garuda Select (instagram.cm/nico_alfriyan)

Penampilan ciamiknya bersama Macan Kemayoran muda, membuat Nico mendapat panggilan untuk mengikuti program Garuda Select ke 2. Bersama 24 pemain lainnya seperti Bagus Kaffa, Kakang Rudiyanto, dan lain-lain, Ocin bakar menjalani pembinaan ke Inggris dan Italia selama satu tahun,  mulai tahun 2019-2020.

Di sana talentanya pun semakin terasah berkat adanya polesan dari sosok bertangan dingin sekaliber Denis Wise dan Des Walker. Nico pun tampil apik waktu itu meskipun sempat menghadapi beberapa tim besar seperti Inter Milan dan beberapa klub Liga Inggris lainnya. Setelah program selesai Nico menjadi top skor ketiga di tim dengan torehan 8 gol. 

3. Debut di Liga 1 bersama Persija Jakarta pada usia yang masih muda

Gabung PSIM Jogja, Ini Profil Winger Lincah Alfriyanto NicoAlfriyanto Nico saat berseragam Persija Jakarta (instagram.cm/nico_alfriyan)

Sepulang dari program Garuda Select, penampilan Nico semakin matang dan berhasil menembus skuad utama Persija Jakarta. Dan ia pun berhasil debut di Liga 1 saat usianya 18 tahun.

Di musim pertamanya di Liga 1 2021/2022, Ocin berhasil tampil di 18 laga dan menorehkan 3 gol. Ia pun juga sempat menyumbang 1 gelar Piala Menpora bagi Persija pada tahun 2021 dan mampu tampil reguler di kompetisi tersebut.

Hingga saat ini pemain berusia 20 tahun ini sudah tampil sebanyak 50 kali di semua ajang dan berhasil mencetak 4 gol dan 1 umpan gol. Catatan ini tentu sangat luar biasa untuk pemain seusianya.

Baca Juga: Profil Bryan Caesar, Metronom Permainan PSIM Jogja

4. Pemain Timnas Indonesia U-20

Gabung PSIM Jogja, Ini Profil Winger Lincah Alfriyanto NicoAlfriyanto Nico saat berseragam Timnas Indonesia (instagram.cm/nico_alfriyan)

Tampil apik bersama Persija, membuat Nico dipanggil Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2022 untuk tampil di Piala AFF U-19. Meskipun gagal membawa Garuda Muda lolos dari fase grup waktu itu, namun penampilan Nico mampu mencuri perhatian. Sebab dalam 5 laga yang ia mainkan, 2 gol dan 1 umpan gol bisa ia cetak.

Walhasil ia pun kembali dipanggil Timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Asia U-20. Sayangnya laju Garuda Muda terhenti di fase grup Piala Asia U-20 dan Nico berhasil tampil sebanyak 5 kali dengan torehan 1 gol.

5. Mengisi slot pemain U-21 dan bakal menambah kreativitas lini depan PSIM Jogja

Gabung PSIM Jogja, Ini Profil Winger Lincah Alfriyanto NicoAlfriyanto Nico saat berseragam Persija Jakarta (instagram.cm/nico_alfriyan)

Pada gelaran Liga 1 2023/2024, Alfriyanto Nico memang kurang mendapatkan menit bermain bersama Persija. Tercatat hingga pekan ke-20, Ocin hanya bermain sebanyak 6 kali saja. Kepindahannya ke PSIM Jogja diharapkan bisa semakin mengembangkan permainannya.

Sementara itu, kedatangan pemain yang akan memakai nomor punggung 11 itu ke PSIM Jogja adalah untuk mengisi slot pemain U-21 dan manambah kreativitas di sektor depan tim. Terlebih Ocin juga merupakan pemain multi posisi, ia bisa bermain di sayap maupun second striker.

Demikian profil dari winger anyar PSIM Jogja, Alafriyanto Nico. Dengan pengalaman yang ia miliki, seharusnya tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dan langsung nyetel dengan Laskar Mataram di bawah Kas Hartadi. Patut kita tunggu bersama kiprah pemain satu ini.

Baca Juga: Profil Ghulam Fatkur, Sang Kreator Serangan PSIM Jogja

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Sehat dan Bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya