TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Gagas Pembentukan Polisi Khusus Sepak Bola   

Erick mengaku sudah ngobrol bareng Jokowi dan Kapolri

Ketua PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Imam Faishal)

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mencetuskan ide pembentukan satuan polisi khusus olahraga. Lalu, apa tujuan dan maksud dari pembentukan polisi khusus olahraga ini?

 

1. Bangun komunikasi-kolaborasi suporter dan polisi

Ilustrasi polisi (IDN Times/Vanny El Rahman)

Erick nengungkap alasan dirinya menggagas ide ini adalah demi membangun kedekatan dengan aparat. Hal itu disampaikannya dalam pra workshop suporter sepak bola nasional di Hotel Abadi Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY, Jumat (15/9/2023).

"Kenapa saya mendorong polisi olahraga, supaya aparat ini dekat dengan kita. Kalau polisinya ganti-ganti dia tidak kenal kita. Tapi kalau dia punya jobdesk yang dekat sama kita, artinya ada komunikasi yang lebih baik, jangan terpersepsikan suporter ini mau bikin ribut," kata Erick dalam keterangan resminya. 

Lanjut Erick, dengan saling mengenal dan memahami, polisi olahraga dan suporter bisa berkolaborasi dalam mewujudkan pertandingan sepak bola yang aman dan nyaman. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa saling percaya antara suporter dan polisi olahraga.

"Saya akan mendorong terus, nanti ini ada turunannya bagaimana ada kepercayaan dari pihak aparat dan kita bisa bersinergi dengan isu-isu lain misalnya soal ujaran kebencian di media sosial," tegas Erick.

Baca Juga: PSSI Bakal Luncurkan Lagu untuk Piala Dunia U-17

2. Sudah ngobrol bareng Jokowi dan Kapolri

Presiden Jokowi nonton Timnas Indonesia vs Argentina bareng Prabowo dan Erick Thohir (dok. Sekretariat Presiden)

Menteri BUMN itu pun mengaku telah mendiskusikan usulannya itu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya sudah bicara dengan Pak Presiden dan Pak Kapolri. Waktu itu saya bilang kalau ada polisi pariwisata, ya saya rasa polisi olahraga penting juga, saya akan dorong terus," kata Erick.

Baca Juga: Dengarkan Aspirasi, Ketua Umum PSSI Bertemu Perwakilan Suporter

Berita Terkini Lainnya