Jumlah Wisatawan di Bantul Turun 45 Persen pada Awal Ramadan

Pemilik warung makan seafood mulai terima pesanan bukber 

Bantul, IDN Times - ‎Memasuki pekan pertama bulan Ramadan 1444 Hijriyah/2023 M, angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, jumlahnya turun hampir 50 persen dibandingkan sebelum bulan puasa.

1. Kunjungan wisatawan akhir pekan turun hingga 85 Persen

Jumlah Wisatawan di Bantul Turun 45 Persen pada Awal RamadanTPR darurat di Pantai Baru.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Data Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan memasuki pekan pertama Ramadan (20--26 Maret 2023), jumlah pengunjung sebanyak 25.144 orang dengan menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp242 juta. Sementara, kunjungan akhir pekan (24--26 Maret 2023) jumlahnya sebanyak 4.190 wisatawan atau setara PAD Rp40 juta.

Padahal, pekan sebelumnya (13--19 Maret 2023) kunjungan wisatawan mencapai 44.194 orang dengan PAD Rp426 juta. Sedangkan akhir pekan (17--19 Maret 2023) mencapai 28.838 orang dengan PAD Rp279 juta.

"Kalau dibandingkan kunjungan selama satu pekan terakhir atau saat memasuki bulan Ramadan dibandingkan satu pekan sebelumnya ada penurunan kunjungan wisatawan mencapai 43 persen. Namun jika diperbandingkan kunjungan saat akhir pekan saja terjadi penurunan hampir 85 persen," ujarnya, Senin (28/3/2023).

2. Sudah fenomena tahunan

Jumlah Wisatawan di Bantul Turun 45 Persen pada Awal RamadanObjek wisata Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang disapa akrab Ipung ini mengaku penurunan yang mencapai 85 persen saat akhir pekan sudah diprediksi. Sebab, bulan Ramadan merupakan bulan paceklik bagi objek wisata. Tak hanya di Kabupaten Bantul, tetapi juga hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

"Ini kejadian normal yang terjadi setiap bulan Ramadan, kami tidak kaget ada penurunan jumlah wisatawan saat akhir pekan mencapai 85 persen," ungkapnya.

Ipung memastikan kunjungan wisatawan akan kembali merangkak ramai satu pekan menjelang hari raya Lebaran dan akan bertambah ramai saat libur Lebaran yang akan datang.

"Yang jelas para pelaku wisata sudah mengantisipasi adanya penurunan wisatawan yang drastis saat bulan Ramadan," tandasnya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Bukber di Bantul, Lezat dan Cocok Buat Kumpul Bareng   

3. Pemilik warung makan seafood di Pantai Depok mulai terima pesanan buka bersama

Jumlah Wisatawan di Bantul Turun 45 Persen pada Awal RamadanWarung seafood Pantai Depok. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, salah satu pemilik warung makan seafood Pantai Depok, Dardi Nugroho, mengaku pekan pertama bulan Ramadan dipastikan kunjungan wisatawan ke Pantai Depok baik yang hanya menikmati laut atau akan bersantap seafood mengalami penurunan drastis. Namun, ia mengaku pekan ini sudah menerima pesanan untuk berbuka puasa bersama.

"Hari ini sudah ada pesanan yang akan melakukan buka puasa bersama di warung makan seafood milik saya," ujarnya. "Saat awal Ramadan pekan kemarin juga masih ada yang bersantap seafood meski jumlah bisa dihitung dengan jari dan itu saya syukuri."‎

Baca Juga: Pelaku Wisata Bantul Perkirakan Saat Ramadan Pengunjung Bakal Turun 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya