Pemkab Sleman dan Blitar Kerja Sama Tekan Inflasi

Blitar bantu pemenuhan komoditas telur ke Sleman

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar terkait pengendalian inflasi daerah dan mengembangkan perekonomian. Kerja sama ini dikhususkan untuk pemenuhan komoditas telur bagi masyarakat Sleman.

Penandatanganan kerja sama dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dan Bupati Blitar, Rini Syarifah, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (9/3/2023). Dalam sambutannya, Kustini menyampaikan bahwa kerja sama dengan Pemkab Blitar pada tahun 2023 ini dalam rangka pengendalian inflasi daerah khususnya untuk pemenuhan komoditas telur bagi masyarakat Kabupaten Sleman. 

“Sleman sebagai daerah yang menopang jumlah penduduk tinggi, melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di Sleman dan Blitar,” ujar Kustini.

1. Didorong meningkatkan perekonomian

Pemkab Sleman dan Blitar Kerja Sama Tekan InflasiBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Lebih lanjut, Kustini berharap kerja sama antara Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar ini dapat menjadi kolaborasi positif dan dapat saling meningkatkan perekonomian antar wilayah. 

“Ke depan saya berharap agar kesepakatan ini terus ditindaklanjuti dengan optimalisasi kerja sama di bidang lainnya,” ujar Kustini.

2. Penyuplai komoditas telur yang besar

Pemkab Sleman dan Blitar Kerja Sama Tekan InflasiPenandatanganan kerja sama Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar, Kamis (9/3/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyampaikan bahwa Kabupaten Blitar merupakan daerah penyuplai 30 persen telur nasional karena produksi per hari telur Kabupaten Blitar mencapai 450 ton.

“Dengan komoditi telur Kabupaten Blitar yang melimpah, kami terus melakukan MoU dengan daerah lain termasuk Kabupaten Sleman dalam rangka pengendalian inflasi,” ujar Rini

Rini juga berharap kerja sama dapat berlanjut sehingga antara Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar dapat saling bertukar informasi dan pikiran untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Toko Tani Berkonsep Modern Pertama Berdiri di Sleman

3. 10 ton telur ayam ras

Pemkab Sleman dan Blitar Kerja Sama Tekan InflasiIlustrasi telur ayam (pexels.com/Pixabay)

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian & SDA Kabupaten Sleman, Suyanto, dalam laporannya menyampaikan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman terus melakukan pengendalian terhadap kenaikan harga komoditas salah satunya komoditas pangan yang memiliki andil dalam kenaikan inflasi daerah. 

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pokok berupa telur ayam ras di Kabupaten Sleman, Kabupaten Sleman melalui PT Pangan Surya Makmur telah melakukan kerja sama pemenuhan telur ayam ras dengan Kabupaten Blitar melalui PT Cahaya Gemilang Farm dan Koperasi Produsen Peternak Maju Berdaya,” jelas Suyanto.

Lebih lanjut, Kabupaten Blitar setiap minggunya telah mengirimkan 10 ton telur ayam ras ke Kabupaten Sleman sejak bulan September 2022. Kesepakatan bersama ini nantinya berlaku dalam jangka waktu 3 tahun dan dapat diperbarui atas kesepakatan kedua belah pihak yakni Pemkab Sleman dan Pemkab Blitar.

Baca Juga: Bupati Ingatkan Sanksi Bagi ASN Sleman yang Tak Laporkan LHKPN 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya