Peternak Bantul Sukses Usaha Penggemukan Sapi Jantan, Ini Rahasianya  

Usaha ini mampu naikkan perekonomian warga

Bantul, IDN Times - Usaha penggemukan sapi warga ‎Padukuhan Babakan, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, Bantul sukses mengembangkan usahanya melalui penggemukan sapi pejantan. Bahkan usaha yang baru dirintis tiga tahun lalu, mampu menambah perputaran uang anggota lebih dari Rp2 miliar.

1. Usaha penggemukan sapi pejantan dimulai 3 tahun lalu‎

Peternak Bantul Sukses Usaha Penggemukan Sapi Jantan, Ini Rahasianya  Kepala Padukuhan atau Dukuh, Babakan, Agus Sriyono.(IDN Times/Daruwaskita)

Dukuh Babakan, Agus Sriyono mengatakan usaha penggemukan sapi pejantan melalui Badan Usaha Milik Dusun (Bumdus), awalnya sekitar 25 ekor sapi pejantan kemudian berkembang menjadi 120 ekor sapi.

"Jadi Bumdus memberikan modal dengan membelikan sapi jantan untuk dipelihara dan digemukkan oleh warga. Laku dijual biasanya menjelang Iduladha, keuntungannya dibagi Bumdus mendapatkan 30 persen dan peternak 70 persen," ujar Agus, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Kuliner Bebek Goreng Akan Dijadikan Ikon Khas Srigading Bantul

2. Ini sistem bagi hasil keuntungan

Peternak Bantul Sukses Usaha Penggemukan Sapi Jantan, Ini Rahasianya  Ilustrasi ternak sapi di kandang kelompok.(IDN Times/Daruwaskita)

Agus menuturkan warga atau peternak sapi yang ingin melakukan usaha dengan cara mendatangi pengurus Bumdus untuk bersama-sama membeli sapi pejantan di pasar hewan. Selanjutnya Bumdus akan membayar harga sapi.

"Biasanya kita membeli sapi itu enam bulan menjelang Iduladha. Minimal kita membeli sapi pejantan usia satu tahun sehingga ketika untuk korban sudah memenuhi persyaratan," tuturnya.

Harga sapi yang dibeli bervariasi mulai Rp15 juta hingga Rp19 juta per ekornya. Saat dilakukan penggemukan selama enam bulan, biasanya sapi sudah memiliki bobot 300 hingga 400 kilogram.

"Harga sapi sendiri menjelang Iduladha rata-rata laku dijual di atas Rp25 juta bahkan bisa lebih tergantung dari bobot sapi pejantan tersebut," ungkapnya.

3. Naikkan perekonomian warga

Peternak Bantul Sukses Usaha Penggemukan Sapi Jantan, Ini Rahasianya  Ilustrasi pakan ternak. arenahewan.com

Pemenuhan pakan ternak sapi kata Agus, selain dari pabrikan, sapi diberi rumput yang tumbuh di sekitar bantaran Sungai Progo. Sehingga peternak tak perlu mengeluarkan uang. 

"Kalau di Padukuhan Babakan ini masalah pakan hijau-hijauan melimpah sehingga menekan biaya pakan sapi sendiri," ungkapnya.

Dari usaha penggemukan sapi, dapat membantu ekonomi warga yang biasanya menjadi penambang pasir tradisional.

"Dulu warga hanya melakukan penggemukan sapi pejantan satu ekor, saat ini rata-rata melakukan penggemukan sapi dua ekor," ucapnya.

4. Bumdus fasilitas pertenak yang ingin menjual sapi untuk kurban

Peternak Bantul Sukses Usaha Penggemukan Sapi Jantan, Ini Rahasianya  Ilustrasu penjualan sapi kurban. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Bumdus kata Agus juga memfasilitasi penjualan sapi milik peternak. Jaringan para pedagang hewan kurban sudah terbentuk sehingga sapi laku terjual. 

"Kita punya jaringan takmir-takmir masjid yang punya umat banyak di Kota Yogyakarta sehingga tak perlu bingung dalam menjual sapi untuk kurban," ujarnya.‎

Baca Juga: Migor Mahal, Perajin Minyak Kelapa di Bantul Kecipratan Rejeki

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya