TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terduga Teroris Gunungkidul Sering Latihan Melempar Pisau

Terduga teroris dan istri pernah merantau ke luar Jawa

(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Gunungkidul, IDN Times - Datasemen Khusus 88 (Densus 88) menggerebek sebuah rumah milik terduga teroris di Dusun Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta Rabu (20/11). Pemilik rumah, Markino (37 tahun), diketahui sering melatih ketangkasannya melempar pisau.

Seperti dilansir oleh Antara, warga setempat memang sering menyaksikan Markino berlatih melempar pisau ke sasaran berupa pohon pada sore hari.

"Kami tidak menaruh curiga sama sekali. Kami kira hanya latihan biasa untuk ketangkasan," ujar Supoyo, warga Ngunut, Gunungkidul.

1. Sosok terduga teroris di Gunungkidul dikenal tertutup

Ilustrasi penggerebekan teroris. IDN Times/Larasati Rey

Menurut Supoyo, terduga teroris Markino merupakan sosok yang tertutup. Dia juga jarang bersosialisasi dengan warga sekitar. Bahkan, Markino juga tidak pernah hadir dalam kegiatan sosial masyarakat Ngunut.

Melihat tabiatnya yang terkesan ganjil di mata warga, salah seorang tokoh masyarakat pernah berinisiatif untuk menasihati Markino. Namun nasihat itu tidak pernah diindahkan oleh Markino.

"Sebagai masyarakat biasa, kami tidak bisa berbuat apa-apa," kata Supoyo.

2. Pernah merantau selama 10 tahun

Suasana dusun Ngunut, di sekitar rumah terduga teroris di Gunungkidul - IDN Times/Daruwaskita

Markino diketahui berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Dia menikah dengan istrinya yang berasal dari Ngunut, Gunungkidul. Mereka berdua diketahui pernah merantau ke Sulawesi selama 10 tahun, namun kembali lagi ke Ngunut saat sang istri hendak melahirkan.

"Dia tinggal di sini sejak anaknya lahir," ungkap Supoyo.

Baca Juga: Densus 88 Gerebek Rumah Diduga Terkait Tindak Terorisme di Gunungkidul

Berita Terkini Lainnya