TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jumlah Pemudik ke DIY Diprediksi Lampaui Total Warga Sultan HB X

Siap-siap, Jogja akan dipadati pemudik!

Ilustrasi kendaraan di kawasan Malioboro. (IDN Times/Paulus Risang)

Yogyakarta, IDN Times - Sedikitnya 3,9 juta orang diperkirakan masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang momen arus mudik Lebaran tahun 2022 ini. Angka tersebut, menurut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melebihi jumlah penduduknya.

"Yogya (DIY) perhitungannya 3,9 (juta pemudik). Kan melebihi penduduk. Penduduk Jogja kan hanya 3,7 atau.3,8 (juta)," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Sri Sultan Pastikan Alun-alun Utara Tidak Digunakan untuk Salad Id

1. Nyaris 3 kali lipat

Sri Sultan Hamengku Buwono X. IDN Times/Tunggul Damarjati

Sultan berujar, angka itu melampaui jumlah pemudik pada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, bisa hampir mencapai tiga kali lipatnya.

"Itu hampir 3 kali lipat dari biasanya. Kita bisa memahami hampir 2 tahun mereka tidak bisa keluar daerah (imbas pembatasan mobilitas karena pandemik COVID-19)," kata Sultan.

"Semoga saja mereka tidak (datang) bersamaan. Lebih baik awal-awal begini mereka bisa datang kalau memang memungkinkan," harapnya.

Dinas Perhubungan dan kepolisian, lanjutnya, telah menyusun skenario lalu lintas mengantisipasi penumpukan kendaraan di pusat-pusat kota. Yaitu, dengan mengarahkan para pemudik yang sekadar lewat DIY agar melintasi wilayah pinggir.

2. Kerahkan 3 ribu personel gabungan

Ilustrasi petugas gabungan memeriksa kendaraan yang melintas di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan DIY di Prambanan, Sleman. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar, sementara menyebut jajarannya telah mengaktifkan pos pengamanan di sejumlah titik demi memonitor jalannya arus mudik.

Kepolisian, untuk mengurai kepadatan lalu lintas juga sudah memetakan enam jalur alternatif masuk-keluar DIY di samping mengamankan empat pintu utama perbatasan. Kemudian, menyiapkan berbagai skenario di jalur-jalur wisata yang diprediksi bakalan padat.

Demi mendukung kelancaran berlalu lintas ini, sebanyak 3 ribu lebih personel gabungan diterjunkan. Polda DIY sendiri mengerahkan 1.932 personel, sedangkan 1.843 petugas berasal instansi terkait lainnya.

"Korem juga menyiapkan tiga ribu personel itu on call. Ada di Koramil, termasuk di Kodim dan batalion," urainya.

Baca Juga: Jelang Lebaran Pemda DI Yogyakarta Waspadai Lonjakan Permintaan Pangan

Berita Terkini Lainnya