TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BMKG DIY Catat 173 Kegempaan di Zona Megathrust Gunungkidul

Sepekan pascagempa Gunungkidul 

Kantor Stasiun Geofisika BMKG DIY di Gamping, Sleman. (arianto/IDNTIMES.com)

Intinya Sih...

  • BMKG mencatat 173 aktivitas kegempaan pasca Gempa Gunungkidul.
  • Episentrum gempa berada di laut selatan Gunungkidul, dengan variasi magnitudo 1,5 hingga 4.
  • Koordinator Tim Observasi Stasiun Geofisika BMKG DIY meminta masyarakat tak panik dan siap siaga.

Sleman, IDN Times - Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat setidaknya ada 173 aktivitas kegempaan. Data ini merupakan akumulasi sejak Gempa Gunungkidul yang terjadi pekan lalu, Minggu malam (25/8/2024).

1. Tercatat 173 aktivitas kegempaan berkekuatan kecil

Koordinator Tim Observasi Stasiun Geofisika BMKG DIY, Budiarta, menuturkan titik episentrum gempa berada di perairan laut selatan Kabupaten Gunungkidul. Berjarak rata-rata 80 kilometer dari daratan Kabupaten Gunungkidul. Sementara data variasi jarak antara 0 kilometer hingga 120 kilometer.

“Data hingga pagi ini sudah tercatat sebanyak 173 aktivitas kegempaan. Seluruh lokasi atau titik episentrum berdekatan dengan gempa yang terjadi pada pekan lalu,” jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu pagi (1/9/2024).

2. Aktivitas subduksi di wilayah megathrust

Budi menjelaskan bahwa aktivitas kegempaan ini masih dalam kategori wajar. Dalam artian merupakan aktivitas tektonik lempeng bumi. Penyebabnya adalah subduksi lempeng tektonik. Tepatnya antara lempeng benua Indo-australia dengan lempeng benua Eurasia.

Pergesekan kedua lempeng benua ini, lanjutnya, menyebabkan gempa tektonik dengan episentrum kawasan perairan laut Gunungkidul. Kawasan ini juga dikenal sebagai kawasan megathrust. Tepatnya yang membentang dari sisi Barat Pulau Sumatera hingga kawasan Maluku.

“Aktivitas ini tergolong wajar karena memang kawasan lempeng. Penyebab gempa bumi maupun susulan adalah subduksi atau pergeseran lempeng dari lempeng Indoaustralia ke lempeng Eurasia,” katanya. 

Budi menuturkan kawasan. Mehathrust memang tergolong aktif. Sehingga kegempaan tektonik dapat muncul sewaktu-waktu. Tercatat dengan variasi kekuatan magnitudo yang berbeda-beda.

Kekuatan magnitudo ratusan gempa di kawasan perairan selatan Gunungkidul tergolong kecil. Seismometer Stasiun Geofisika BMKG DIY mencatat magnitudo 1,5 hingga magnitudo 4. Kekuatan ini sudah menurun dari catatan sebelumnya, minimal magnitudo 2,1.

“Tidak ada laporan kerusakan selama gempa ini terjadi. Kekuatan gempa juga tergolong kecil dan tidak terasa getarannya,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 5,8 M Terjadi di Jogja, Warga Mendengar Suara Keras

Verified Writer

Arianto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya