TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Abdul Halim dan Joko Purnomo Berpisah di Pilkada Bantul 2024

Abdul Halim dan Joko Purnomo berpisah di Pilkada Bantul 2024

Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Bantul, IDN Times - Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo dipastikan berpisah dalam Pilkada Bantul 2024. Pasalnya, Abdul Halim Muslih bakal berpasangan dengan Aris Suharyanta yang diusung PKB dan Partai Gerindra.

Aris Suharyanta ketika dikonfirmasi terkait koalisi PKB dan Gerindra mengaku telah ada kerja sama antara PKB dan Gerindra. Saat ini, kata Aris, tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PKB dan DPP Gerindra.

"Tinggal menunggu rekomendasi Paslon bupati dan wakil bupati dari DPP PKB dan DPP Gerindra sebab pengurus di tingkat DPC (kabupaten) sudah sepakat mengusung Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta (Haris) sebagai paslon cabub dan cawabub," katanya, Selasa (30/7/2024).

 

1. Pengurus Gerindra bertemu pengurus PKB

Calon Bupati Bantul dari Partai Gerindra Bantul, Aris Suhariyanta.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Aris, dirinya bersama pengurus DPC Gerindra sudah bertemu dengan pengurus PKB. Dalam pertemuan itu ada kesepakatan dirinya akan berpasangan atau mendampingi Abdul Halim Muslih. "Pak Halim jadi calon bupati dan saya wakil bupati," katanya.

Aris menambahkan dengan kesepakatan koalisi antara PKB dan Gerindra, kedua partai bisa mengusung bakal pasangan Haris pada Pilkada 2024. Sebab, PKB memiliki tujuh kursi dan Gerindra memiliki enam kursi. Artinya total ada 13 kursi yang mengusung bakal pasangan Haris pada Pilkada 2024.
Adapun syarat minimal yang disyaratkan oleh KPU Bantul untuk mengusung pasangan adalah minimal sembilan kursi. "PKB dan Gerindra sudah cukup namun kita tetap mengajak koalisi dengan partai lainnya di Bantul," ucapnya.

 

2. Parpol lakukan komunikasi intensif

Pelantikan PAC dan PAR Gerindra Bantul.(IDN Times/Daru)


Bendahara DPC PKB Bantul, Agus Salim mengaku saat ini PKB dan Gerindra sedang menjalin komunikasi intensif untuk berkoalisi dalam pilkada Bantul 2024.

"Jadi memang isu Halim-Aris (Haris) maju bareng dalam pilkada Bantul 2024 sedang hangat diperbincangkan. Ya memang kita berkomunikasi intensif dengan Partai Gerindra," ungkapnya

Baca Juga: Profil Rian Ardianto, Atlet Asal Bantul Debut di Olimpiade Paris 2024

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya