TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sultan: Jangan Sampai Mahasiswa Terdampak Gempa Cianjur DO

Mahasiswa Cianjur di DIY banyak yang terdampak gempa 

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. IDN Times/Tunggul Damarjati

Yogyakarta, IDN Times - Dampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, dirasakan banyak pihak. Para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun turut merasakan dampaknya.

Selain mengirimkan langsung bantuan ke lokasi bencana. Sejumlah upaya pun coba dilakukan oleh Pemda DIY untuk membantu para korban yang secara tidak langsung turut merasakan dampak bencana ini.

Baca Juga: Pemda DIY Kirim Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur

1. Ada 107 mahasiswa terdampak

Pengiriman bantuan korban gempa di Cianjur. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyebut saat ini sudah ada 107 mahasiswa asal Cianjur korban gempa bumi, yang sedang menempuh pendidikan di DIY. Dikatakan Sultan, orangtua dari 107 mahasiswa tersebut tidak bisa mengirim uang untuk biaya hidup.

"Orangtua tidak bisa kirim uang lagi. Kita sudah punya daftar by name by address. Minta kampus meringankan beban mereka. Living cost kita partisipasi, seperti bencana di tempat lain," ujar Sultan, di Kantor BPBD DIY, Jumat (2/12/2022).

2. Jangan sampai putus kuliah

Ilustrasi mahasiswa (IDN Times/Galih Persiana)

Sultan menghimbau jangan sampai 107 mahasiswa yang terdampak gempa bumi tersebut tidak dikeluarkan. "Jadi jangan sampai 107 orang itu drop out. Ini (bantuan) sudah rutin kita lakukan, kalau wilayah lain ada gempa," kata Sultan.

Sultan mengatakan setelah ada data 107 mahasiswa tersebut, bukan berarti pendataan berhenti. Namun, bagi yang merasa warga Cianjur dan sedang menempuh pendidikan di DIY masih bisa didaftar. "Tapi data-data saat ini ada 107 itu coba ditangani. Kalau enggak, arep mangan opo (mau makan apa). Itu yang kita lakukan," ucap Sultan.

Baca Juga: Kesamaan Gempa Cianjur dan Gempa Jogja 2006, Timbulkan Kerusakan Besar

Berita Terkini Lainnya