Pemda DIY Kirim Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur

Pelajar SMA-SMK se-DIY ikut menyumbang

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama dengan sejumlah pihak mengirim bantuan ke korban Gempa Bumi di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (2/12/2022). Tidak hanya bantuan uang, tapi juga disalurkan bantuan paket kebutuhan lain, hingga sumber daya manusia (SDM) untuk membantu.

Gubernur DIY, Sri Sutan Hamengku Buwono X, mengatakan Pemda DIY mencoba membantu daerah yang sedang menghadapi bencana alam. Tidak hanya sekali ini saja, Pemda DIY pernah mengirimkan sejumlah bantuan untuk daerah lain yang menghadapi bencana.

"Termasuk di NTB dan di lain tempat. Di mana juga, untuk Cianjur ini kita tidak sekedar membantu secara fisik, tetapi juga kirim tim Tagana," ujar Sultan, di Kantor BPBD DIY, Jumat (2/12/2022).

1. Pengalaman penanganan gempa di DIY dimanfaatkan

Pemda DIY Kirim Bantuan bagi Korban Gempa CianjurPengiriman bantuan korban gempa di Cianjur. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Tim Tagana yang dikirimkan dari DIY diharapkan nantinya dapat membantu Tim SAR atau mempersiapkan jika nanti waktunya ada relokasi atau realisasi dari rekonstruksi, rehabilitasi. Pengalaman menangani bencana gempa bumi di DIY diharapkan bisa diaplikasikan dalam penanganan gempa di Cianjur ini.

Diharapkan Sultan tidak sekedar analis untuk rehabilitasi dan rekonstruksi yang diperbantukan di sana. Sultan juga mengharapkan bantuan yang ada tidak hanya teori, tetapi harapannya pola sistem manajemen, rehabilitasi, rekonstruksi pengalaman menangani gempa di DIY 2006 dan 2010 dapat diaplikasikan.

"Di surat kabar yang terbaru di Cianjur akan dilakukan relokasi. Jadi mirip seperti 2010 di kawasan Merapi, juga melakukan relokasi. Jadi problem-problem untuk menyediakan air bersih, menyediakan buat jalan, rumah dan sebagainya (bisa diaplikasikan)," ujar Sultan.

Baca Juga: Amukti Zamrud Nuswantara Teguhkan DIY sebagai Perekat Keberagaman

2. Diharapkan segera pulih

Pemda DIY Kirim Bantuan bagi Korban Gempa CianjurPengiriman bantuan korban gempa di Cianjur. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Sultan berharap pemulihan pasca gempa bumi di Cianjur ini tidak menemui kesulitan. "Tapi karena mungkin Kabupaten ini tidak punya pengalaman, mungkin perlu (dan) bisa kita bantu. Paling sulit nanti membuat by name, by address, jadi bagaimana hal seperti itu nanti, paling sedikit dalam dialog yang ada bisa disampaikan, saya mohon dipersiapkan," kata Sultan.

Keperluan SDM untuk menganalisis itu menjadi penting. Diharapkan dengan begitu bisa segera menuntaskan permasalahan yang ada.

"Cepat atau lambat kan mereka sendiri, tapi tidak menemui kesalahan dari sistem manajemen yang ada, kita bisa membantu mereka," ujar Sultan.

Sultan juga memberi apresiasi kepada semua pihak yang ikut ambil bagian untuk membantu warga Cianjur. Termasuk apresiasi untuk para pelajar.

"Terima kasih juga anak-anakku dari SMK/SMA se-DIY terima kasih bantuan (menyisihkan) dari uang saku," kata Sultan.

3. Rincian bantuan untuk gempa Cianjur

Pemda DIY Kirim Bantuan bagi Korban Gempa CianjurKepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, merinci bantuan yang diberikan. Di antaranya, bantuan Pemda DIY Rp1 miliar, perangkat daerah dan siswa-siswi SMAN/SMKN di DIY senilai Rp323.200.000, dan Bank BPD DIY Rp200 juta.

Kemudian, Badan Musyawarah Perbankan Daerah DIY senilai Rp15 juta serta Forum komunikasi industri jasa keuangan senilai Rp10 juta.

"Total bantuan uang senilai Rp1.548.200.000. Bantuan barang beras 10 ton, paket permakanan, paket kebersihan dan paket perlengkapan sekolah senilai Rp80.986.400," kata Biwara.

Baca Juga: Pemkab Bantul Galang Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya