TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkot Jogja Targetkan 3 Hari Tumpukan Sampah Terselesaikan

Kejar pembangunan TPS 3R

Tumpukan sampah di Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Intinya Sih...

  • Pemkot Yogyakarta akan menuntaskan tumpukan sampah 5 ribu ton dan mempersiapkan TPS 3R.
  • Tumpukan sampah di Depo akan dikuras sebelum TPS 3R beroperasi penuh pada awal Juli.
  • Pemerintah mengajak masyarakat dan wisatawan untuk turut serta dalam pengelolaan sampah demi mengurangi tumpukan sampah.

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta angkat bicara soal tumpukan sampah mencapai 5 ribu ton di wilayah tersebut. Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto, mengklaim Pemkot Yogyakarta akan segera menuntaskan tumpukan sampah yang ada, sembari terus berproses menyiapkan TPS 3R.

"Kami punya optimisme yang di depo tiga hari ini bahasa normatifnya kita kosongkan, tapi sikonnya (situasi kondisi) kita lihat kemampuan semuanya," ujar Sugeng, Selasa (25/6/2024).

1. Munculnya tumpukan sampah di Jogja

Sugeng mengatakan Pemkot Jogja menarget pada Jumat (28/6/2024) tumpukan sampah di Depo, dapat dikuras semaksimal mungkin. Ia menyebut tumpukan sampah yang timbul, karena TPS 3R di Kota Yogyakarta belum seluruhnya operasional.

"Sekarang masih dibangun, Insyaallah awal Juli sudah bisa 100 persen (TPS 3R), tapi itu kan menyelesaikan reguler, yang sudah jadi tumpukan di Depo itu persoalan. Belum lagi ini baru diangkat setiap hari tambah terus," ucap Sugeng.

2. TPS 3R untuk tangani sampah

Disebut Sugeng untuk awal Juli nanti TPS 3R ditarget selesai yaitu TPS 3R Kranon, Karangmiri, dan Nitikan. "InsyaAllah alat-alat masuk, saran fisik baru akhir Juni. Awal Juli kalau itu operasional," kata Sugeng.

Dirinya juga menyebut kedepan terkait persoalan sampah ini, tidak ada lagi istilah membuang sampah, tapi mengolah sampah. "Sampah-sampah tidak akan menggunung, tapi jadi produk turunan," ungkapnya.

Baca Juga: Tumpukan Sampah di Jogja Capai 5 Ribu Ton, Dibuang ke TPA Piyungan

Berita Terkini Lainnya