TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Adopsi Pohon di Kawasan Merapi Dukung Pariwisata Berkelanjutan

Sebagai bagian kegiatan Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022

Adopsi pohon Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022 (Dok. Astra Daihatsu Motor)

Sleman, IDN Times - Pariwisata menjadi sektor unggulan bagi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbagai upaya sinergi dengan berbagai pihak dilakukan guna mendukung pariwisata yang berkelanjutan.

Seperti upaya yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lewat aksi sosial peduli lingkungan. Mereka bekerja sama dengan Komunitas Pagar Merapi menggelar program Adopsi Pohon di Kawasan Kaliurang Timur, tepatnya di Tankaman Nature Park.

Baca Juga: Pepino Boneka Kayu, Daya Tarik Baru di Prambanan

1. Dukung pariwisata berkelanjutan

Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Program Adopsi Pohon ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan gathering bagi komunitas Daihatsu dan pelanggan setia, bertema Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. Kegiatan kumpul komunitas ini digelar di halaman Museum Gunung Api Merapi (MGM), Sabtu (26/11/2022).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharja menyampaikan apresiasi atas adopsi pohon yang dilakukan Daihatsu. Menurutnya kegiatan ini mendukung visi pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan.

"Ini akan menjaga lingkungan agar tetap hijau, fresh, tidak ada pengrusakan alam lagi. Akan kita lestarikan, Memayu Hayuning Bawana. Pariwisata yang sustainability untuk anak cucu kita," kata Singgih.

2. Sambutan baik dan gerakkan ekonomi

Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Komunitas Pagar Merapi yang selama ini turut berkontribusi melestarikan lingkungan di kawasan Gunung Merapi, menyambut baik upaya adopsi pohon. "Terima kasih karena telah mengadopsi tanaman kurang lebih 50 tanaman. Turut menjaga kelestarian lingkungan ini," ucap Ketua Komunitas Pagar Merapi, Yuswadi.

Selain adopsi pohon, berbagai kegiatan lain untuk menggerakkan ekonomi juga digelar dalam Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. Seperti halnya melibatkan lebih dari 30 UMKM dan 20 Foodtruck.

Baca Juga: Taru Martani 1918, Pabrik Cerutu Kesukaan Sri Sultan

Berita Terkini Lainnya