TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sapi di Tiga Kapanewon di Bantul Masuk Kriteria Hewan Kurban Presiden

Sapi akan diseleksi

Ilustrasi hewan kurban. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bantul, IDN Times - Sejumlah sapi dari peternak di Kabupaten Bantul masuk kriteria hewan kurban yang akan dibeli Presiden Joko Widodo untuk dipotong pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo, menjelaskan setidaknya ada 10 sapi dari peternak Bantul yang lolos dan masuk kualifikasi hewan kurban Presiden.

"Untuk hewan kurban dari Presiden itu belum terkonfirmasi, cuma ada, termasuk dari Bantul ada sapi masuk kriteria ternak yang akan dibeli oleh Pak Presiden," kata Joko Waluyo, Sabtu (25/5/2024). 

1. Sapi tersebar di sejumlah kapanewon

Menurut Joko Waluyo, sapi-sapi itu tersebar di sejumlah kapanewon sentra ternak wilayah Kabupaten Bantul.

"Tersebar di wilayah Kapanewon Pleret ada, kemudian Dlingo ada, juga Piyungan ada, masuk kualifikasi, tetapi belum dibeli masih seleksi lagi," katanya dikutip Antara. 

2. Sapi dari 3 kapanewon akan diseleksi

Joko Waluyo menambahkan 10 hewan kurban yang berasal dari tiga kapanewon itu akan diseleksi dan harus melewati beberapa tahapan.
"Kriterianya yang pertama, dari kesehatan ternak sudah uji lab kesehatan, bobot juga rata rata satu ton, dan di Bantul yang paling kecil 900 kilogram, terbesar beratnya 1,1 ton, kalau jenisnya macam macam, ada PO, Si Metal dan Limosin," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Bersepeda Keliling Kota Yogyakarta hingga Makan di Kopi Klotok

Berita Terkini Lainnya