TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pantai di Gunungkidul Jadi Primadona Dikunjungi Puluhan Ribu Orang

Wisatawan didominasi dari Jawa Tengah

ilustrasi pantai di gunungkidul yang masih sepi (unsplash.com/@akewidyastomo)

Intinya Sih...

  • Jumlah kunjungan wisatawan Gunungkidul selama libur panjang mencapai 57.564 orang, dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp617,17 juta.
  • Mayoritas kunjungan wisatawan ke pantai karena infrastruktur yang bagus dan kondisi laut yang indah, namun Dispar Gunungkidul berupaya menarik lebih banyak wisatawan lagi.
  • Wisatawan ke Gunungkidul didominasi oleh kunjungan dari Solo Raya, dengan peningkatan kunjungan ke Pantai Ngandong selama libur panjang.

Gunungkidul, IDN Times - Jumlah kunjungan wisatawan selama libur panjang tiga hari pada 14-16 September 2024 di sejumlah objek wisata di Kabupaten Gunungkidul mencapai 57.564 orang.

Kepala Dispar Gunungkidul, Oneng Windu Wardana, mengatakan rincian kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, yakni Sabtu (14/9) sebanyak 11.771 pengunjung, Minggu (15/9/2024) sebanyak 31.594 pengunjung, dan Senin (16/9) sebanyak 14.139 pengunjung. "Dengan 57.564 pengunjung, menyetor pendapatan asli daerah sebesar Rp617,17 juta," katanya.

 

 

1. Kunjungan meningkat karena kondisi jalan bagus

ilustrasi jalan tol (IDN Times/Sunariyah)

Menurut Windu, mayoritas kunjungan wisatawan ke pantai karena jalan yang sudah bagus, kondisi laut yang pasir putih indah dan menawan. "Lebih dari 85 persen, wisatawan berkunjung ke pantai," katanya.

Namun Windu mengaku belum puas dengan kunjungan wisatawan saat ini. Dispar Gunungkidul berupaya menarik wisatawan lebih banyak lagi dengan kolaborasi bersama OPD lain," katanya.

2. Wisatawan didominasi dari Jawa Tengah

Windu menambahkan wisatawan ke Gunungkidul yang berkunjung didominasi kunjungan wisatawan Solo Raya. "Saat ini, di samping dari DIY, Solo Raya masih mendominasi pengunjung, baru setelah itu Jawa Timur," ujarnya.

 

Baca Juga: 15 Pantai Gunungkidul untuk Liburan, Ada yang Hidden Gems

Berita Terkini Lainnya