TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Minyak Goreng Curah di Jogja Langka, Harga Melebihi Produk Kemasan

Tak hanya di Yogyakarta, hal sama terjadi di Gunungkidul

Seorang pedagang menimbang minyak goreng curah di salah satu kios di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Kota Yogyakarta, IDN Times - Harga minyak goreng curah di Kota Yogyakarta lebih mahal dibanding minyak kemasan, hal ini disebabkan stok minyak goreng curah habis. Pasokan minyak goreng curah di Kota Yogyakarta tersendat di tingkat agen menyebabkan tidak tersedianya komoditas tersebut.

Baca Juga: Migor Mahal, Perajin Minyak Kelapa di Bantul Kecipratan Rejeki

1. Pemkot Yogyakarta tak bisa berikan kepastian

ilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Riswanti mengaku ia tidak dapat memberikan kepastian waktu distribusi minyak goreng curah selanjutnya. 

“Kalau barangnya ada, maka harganya lebih mahal dibanding HET pemerintah,” ujar Riswanti, Rabu (23/3/2022). 

2. Harga minyak goreng curah tembus Rp18 ribu

ilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Harga eceran tertinggi untuk minyak goreng curah sesuai ketetapan pemerintah adalah Rp14 ribu per liter. Namun saat ini minyak goreng curah dijual dengan harga Rp18 ribu per liter.

“Kami melakukan pemantauan di dua agen minyak goreng curah. Semuanya kosong. Tidak memiliki stok,” kata Riswanti dikutip Antara.   

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan, Riswanti menyebut tidak ada kendala distribusi dan pasokan. Namun harga jualnya cukup bervariasi dengan rata-rata Rp20 ribu per liter.

Berita Terkini Lainnya