TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gerakan Sejuta Masker, Pemkab Bantul Distribusikan 135 Ribu Masker

COVID-19 rentan menyerang orang yang tak bermasker

Pjs Bupati Bantul, Budi Wibowo bagikan masker kepada pedagang di pasar Pundong, Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kabupaten Bantul mulai mendistribusikan 135 ribu masker. Hal ini merupakan bagian dari gerakan satu juta masker yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Distribusi 135 masker untuk wilayah Kabupaten Bantul ini secara simbolis dilaksanakan di pasar tradisional Pundong, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Baca Juga: 2 Pusat Perbelanjaan di Sleman Langgar Protokol Kesehatan

1. Menggeliatnya ekonomi harus dibarengi penerapan protokol kesehatan yang ketat‎

Kepala Pelaksana BPBD Pemda DI Yogyakarta, Biwara Yuswantana. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemda DIY, Biwara Yuswantana mengatakan gerakan satu juta masker ini merupakan bagian dari kampanye perilaku masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena menurut dia, dalam kondisi pandemik dan semakin menggeliatnya ekonomi maka potensi penularan COVID-19 semakin tinggi karena semakin banyak orang berinteraksi.

"Ketika banyak orang yang berinteraksi maka harus diimbangi dengan protokol kesehatan yang ketat di antaranya menggunakan masker," katanya, Senin (12/10/2020).

"Masker ini tidak saja untuk menjaga diri sendiri namun juga menjaga orang lain agar tidak tertular karena saat banyak kasus pasien positif COVID-19 yang asimtomatik atau OTG," terangnya lagi.

2. Satu juta masker dibagikan ke 4 kabupaten 1 kota di DIY‎

Pjs Bupati Bantul, Budi Wibowo bagikan masker secara simbolis kepada Ketua FPRB Bantul, Waljito untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat. IDN Times/Daruwaskita

Biwara menjelaskan, bantuan satu juta masker Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dibagikan kepada 4 kabupaten 1 kota yang diharapkan nantinya kabupaten/kota mendistribusikan kepada masyarakat seperti kepada para pedagang atau pengunjung pasar.

"Nantinya FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) yang ada di setiap desa juga bisa digerakkan untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat," ujarnya.

3. 135 ribu masker dibagikan kepada pedagang pasar dan FPRB

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto secara simbolis bagikan masker kepada pedagang pasar Pundong. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengatakan 135 ribu masker bantuan dari Pemda DIY akan didistribusikan di 13 pasar tradisional di Kabupaten Bantul selama 13 hari ke depan dan juga pendistribusian melalui FPRB yang ada di 75 desa di Kabupaten Bantul.

"Ya harapan kita masyarakat semakin sadar bahwa salah satu cara mencegah penularan COVID-19 yakni menggunakan masker saat bepergian keluar rumah," ungkapnya.

Baca Juga: Uji Swab COVID-19 di Bantul Belum Sesuai  Target yang Dicanangkan WHO

Berita Terkini Lainnya