TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diminati Pelajar Bantul, Bus Sekolah Gratis Kini Penuh Terus

Penumpang selalu melebihi jumlah kursi

Layanan bus sekolah gratis dari Dishub untuk pelajar di Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Intinya Sih...

  • Minat pelajar terhadap bus sekolah gratis pada soft launching sangat minim
  • Poalaran sosialisasi kepada sekolah dan orang tua meningkatkan keterisian kursi bus secara drastis
  • Rencana pembukaan jalur bus sekolah gratis untuk wilayah Bantul tengah dan timur, serta penambahan armada bus

Bantul, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul mengungkapkan bahwa minat pelajar menggunakan bus sekolah gratis saat soft launching pada 19 Agustus 2024 sangat minim, bahkan hanya beberapa orang. Namun, setelah sosialisasi intensif kepada sekolah dan orang tua, tingkat keterisian kursi bus meningkat drastis, bahkan melebihi kapasitas bus yang tersedia.

"Saat soft launching pada tanggal 19 Agustus 2024 hingga hari ketiga, sangat minim pelajar menggunakan bus sekolah gratis. Namun, saat ini peminat bus sekolah gratis melebihi dari kursi yang ada," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, usai upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Trirenggo, Senin (17/9/2024).

"Saat ini pelajar yang menggunakan transportasi bus sekolah gratis dari 40 hingga 60 pelajar, melebihi jumlah kursi yang ada di bus," tambahnya.

1. Bus sekolah gratis bakal melayani pelajar di wilayah Bantul tengah dan timur

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Singgih, saat ini hanya ada dua unit bus sekolah gratis yang melayani pelajar di wilayah Bantul barat, mencakup Sedayu, Pajangan, Pandak, dan Bantul kota. Melihat tingginya minat pelajar, pihaknya berencana membuka jalur bus sekolah gratis untuk wilayah Bantul tengah dan Bantul timur yang selama ini belum terlayani transportasi umum.

"Tentunya pembukaan layanan bus sekolah gratis untuk jalur Bantul tengah dan Bantul timur mempertimbangkan pengusaha angkutan umum agar tidak merugi dengan kehadiran bus sekolah gratis," ucap dia.

2. Minta bantuan tambahan bus sekolah ke Kementerian Perhubungan

Layanan bus sekolah gratis dari Dishub untuk pelajar di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

 Lebih lanjut, Singgih menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya menambah armada bus sekolah gratis, baik melalui APBD maupun dengan mengajukan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

"Harapan kita, bus sekolah gratis ini akan mengurangi angka kecelakaan yang menimpa pelajar sekaligus menggalakkan pelajar atau masyarakat untuk menggunakan transportasi umum yang lebih aman dan nyaman," tuturnya.

Baca Juga: Hari Pertama Beroperasi, Bus Sekolah Gratis di Bantul Sepi Penumpang

Berita Terkini Lainnya