TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kunjungi UNISA, Muslim Australia Belajar Nilai-Nilai Aisyiyah

Delegasi AIMEP mengenal gerakan Aisyiyah lebih dalam

wawancara dari salah satu peserta delegasi AIMEP di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Rabu (18/9/2024). ( (IDN Times/ Abdul Khalim Mubaroq)

Intinya Sih...

  • Pimpinan Pusat Aisyiyah Yogyakarta menerima delegasi AIMEP untuk program pertukaran antar budaya dan agama.
  • Delegasi AIMEP mengenal lebih dalam tentang latar belakang, visi, struktur, dan peran Aisyiyah dalam kebermanfaatan bagi masyarakat.
  • Aisyiyah berperan dalam pendidikan, keperempuanan, sosial, dan keagamaan serta terinspirasi dari semangat teologi Al-Maun.

Yogyakarta, IDN Times - Pimpinan Pusat Aisyiyah menerima kunjungan delegasi Program Pertukaran Muslim Australia-Indonesia (AIMEP) di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Rabu, (18/9/2024). Program ini merupakan program intensif pertukaran antarbudaya dan antaragama yang mempertemukan para penggerak perubahan Muslim, aktivis masyarakat dari Australia dan Indonesia.

Rektor Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti, menyambut hangat peserta delegasi program pertukaran dan berharap pada forum ini bisa menjadi ajang silaturahmi antarumat Muslim. 

"Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi forum untuk membahas UNISA dan program pertukaran Muslim, bagaimana perkembangan Indonesia, komunikasi Muslim Australia dan pengenalan Indonesia," ujarnya.

Pada pertemuan ini, delegasi AIMEP juga mengenal Aisyiyah lebih jauh, seperti latar belakang berdirinya sebagai organisasi islam perempuan, visi, struktur, dan peran yang telah dilakukan untuk kebermanfaatan, sehingga peserta delegasi mendapatkan pemahaman yang mendalam.

1.  Peran Aisyiyah dalam kegiatan sosial

pengenalan organisasi Aisyiyah oleh Tri Hastuti kepada peserta delegasi (IDN Times/ Abdul Khalim Mubaroq)

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Dr. Tri Hastuti Nur Rachimah, mengatakan bahwa Aisyiyah sudah cukup lama berdiri dan berperan bagi negara Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan, keperempuanan, sosial dan keagamaan.

"Aisyiyah merupakan organisasi otonom dari Muhammadiyah dan sudah berdiri lebih dari 100 tahun, kita berperan untuk memberikan pencerahan pembebasan, pemberdayaan, serta membangun peradaban masyarakat yang memperjuangkan hak-hak perempuan berdasarkan Islam progresif," ucap dia.

2. Latar belakang gerakan Aisyiyah

jajaran dari PP Aisiyiyah, pimpinan UNISA dan peserta delegasi (IDN Times/ Wachidah Nur Hidayati)

Tri Hastuti menjelaskan, latar belakang berdirinya Muhammadiyah dan Aisyiyah terinspirasi dari nilai dakwah semangat teologi Al-Maun yang menjadi landasan bagi gerakan amal dan khidmat sosial.

"Semangat teologi Al-Maun adalah dasar nilai untuk memberikan pelayanan masyarakat dan memperjuangkan hak-hak umat yang terpinggirkan, seperti orang miskin, korban kekerasan seksual, anak yatim sehingga ini menjadi alasan kami untuk dapat memberikan mereka pendidikan terhadap ilmu agama dan ilmu umum," jelas dia.

Baca Juga: Perwakilan Pertukaran Muslim Australia-Indonesia Kunjungi Unisa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya