TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UGM-NUS Gelar Penelitian Pembangunan Kota Berkelanjutan bagi IKN

Pembangunan IKN bukan cuma soal gedung megah

UGM dan NUS gelar penelitian pembangunan kota berkelanjutan (Dok. UGM)

Intinya Sih...

  • UGM dan NUS kolaborasi riset untuk pembangunan IKN di Kalimantan Timur
  • Kolaborasi melibatkan pakar antardisiplin, fokus pada keberlanjutan kota modern
  • Riset juga mencakup penanganan perubahan iklim, restorasi dan reforestasi lingkungan di IKN

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Nasional Singapura (NUS) memulai penelitian mengenai pembangunan kota berkelanjutan menyukseskan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Riset akademis yang inovatif ini bertujuan untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan, penelitian, inovasi, dan teknologi untuk IKN.

1. Sinergi kebijakan pemerintah, inovasi akademis dan solusi praktis

Rektor UGM Ova Emilia menerangkan, kolaborasi antara UGM dan NUS saat ini sampai pada tahap diskusi ahli dan penyusunan proposal dari kedua belah pihak. Hal ini disampaikan Ova setelah menerima kunjungan dari President NUS, Senin (2/9/2024).

Ova menjelaskan, pihaknya telah mempertemukan antara pakar dan akademisi antardisiplin dari UGM dan NUS. Para ahli ini, menurut Ova, akan membahas dan merumuskan soal pengembangan kota yang modern dan berkelanjutan.

"Dengan berfokus pada keberlanjutan pembangunan dan pengelolaan IKN, kita ingin mensinergikan kebijakan pemerintah dengan inovasi akademis dan solusi praktis, guna memastikan kelancaran pembangunan IKN yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan, efisiensi, dan inklusivitas," kata Ova, Selasa (3/9/2024).

2. Pembangunan IKN bukan cuma soal bangun gedung megah

Potret atap Istana Negara IKN lengkungannya bergelombang (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ova berharap, kolaborasi antara dua kampus terkemuka ini bisa menemukan jalan dalam menjawab tantangan akuisisi pengetahuan dan kebijakan dalam membangun lingkungan yang berkelanjutan untuk masa depan. Terutama, menuju keseimbangan antara pembangunan dan konservasi.

Ova menekankan, pembangunan IKN bukan cuma soal mendirikan bangunan megah tetapi juga soal bagaimana pemulihan keanekaragaman hayati untuk regulasi iklim.

Ova menjelaskan, beberapa riset kolaborasi UGM dan NUS, di antaranya soal bagaimana mengatasi dampak pembangunan di masa depan dengan meningkatkan kualitas udara, pengelolaan air, dan perbaikan iklim mikro di IKN.

Menurut Ova, dengan kualitas lingkungan yang meningkat maka akan meningkatkan kulitas hidup masyarakatnya dengan signifikan. Meliputi kesehatan dan pendidikan, sekaligus untuk mendorong keterlibatan masyarakat yang lebih kuat.

"Hal ini, pada gilirannya, akan berkontribusi dalam mengembangkan kota yang berkelanjutan di masa depan, termasuk ketahanan panas di antara masyarakat," terangnya.

Ova menyebut, UGM mengusung konsep restorasi (pengembalian atau pemulihan sesuatu kepada bentuk dan kondisi semula) dan reforestasi (proses menanam kembali pohon) lingkungan di kawasan IKN

"Setelah itu sudah berjalan, kita akan lanjut ke tahap riset selanjutnya," tandas Ova.

Baca Juga: Peneliti UGM Temukan Gua Karst dengan Fenomena Unik di Banggai

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya