TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Semua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sepakat Terima Izin Usaha Tambang

Semua diklaim sepakat, tapi disertai masukan

Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (kiri) dan Muhadjir Effendy (kanan) dalam rapat konsolidasi nasional di Sleman. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sleman, IDN Times - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengklaim seluruh pengurus wilayah organisasinya sepakat menerima izin usaha pertambangan (IUP) tawaran pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal itu disampaikan Haedar usai rapat konsolidasi nasional Muhammadiyah yang mengundang pengurus wilayah dari 35 provinsi se-Indonesia.

"Semuanya bersetuju, tapi mereka juga memberikan masukan-masukan," kata Haedar di Convention Hall Masjid Walidah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Gamping, Sleman, Minggu (28/7/2024).

1. Jangan dibayangkan serba duit

Konferensi pers PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Minggu (28/7/2024) yang didiarkan daring (Youtube/Muhammadiyah Channel)

Masukan-masukan dari para pengurus wilayah itu mencakup aspek lingkungan hidup, kesejahteraan masyarakat sekitar dan jaminan keutuhan lingkungan sosial setempat.

"Jangan sampai usaha tambang menimbulkan disparitas dan konflik sosial. Jadi itu poin-poin penting dari pengalaman di wilayah-wilayah, yang ini menjadi masukan penting bagi kami," imbuhnya.

"Agar, usaha tambang maupun yang lain jangan dibayangkan yang serba positif, apalagi serba duit dan Insyaallah kami jauh dari itu," lanjut dia.

2. Temukan model pengelolaan tambang yang tepat

Di lain sisi Haedar juga berpesan agar keputusan PP Muhammadiyah ini tak perlu dilihat sebagai sesuatu yang getir, seolah-olah kiamat kian dekat.

"Kita akan tetap dalam posisi moderat, jadi kita lihat sisi positifnya, kita cermati dan kita jadikan masukan sisi negatifnya untuk terus kita melakukan kajian sampai pada titik akhir nanti kita menemukan model (pengelolaan tambang)," katanya.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Resmi Terima Tawaran Pemerintah untuk Kelola Tambang

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya