TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muhammadiyah Siap Kembalikan Izin Usaha Tambang, Jika...

Pengelolaan tambang disertai monitoring dan evaluasi

Logo Muhammadiyah

Sleman, IDN Times - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyatakan siap mengembalikan izin usaha pertambangan (IUP) kepada pemerintah apabila pada pelaksanaannya lebih banyak menciptakan kerusakan ketimbang manfaat.

Pernyataan itu termuat dalam risalah konsolidasi nasional Muhammadiyah yang dibacakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti.

"Apabila pengelolaan tambang lebih banyak menimbulkan mafsadat (kerusakan), maka Muhammadiyah secara bertanggung jawab akan mengembalikan izin usaha pertambangan kepada pemerintah," kata Mu'ti di Convention Hall Masjid Walidah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Gamping, Sleman, Minggu (28/7/2024).

 

1. Pengelolaan tambang disertai monitoring dan evaluasi

Konferensi pers PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Minggu (28/7/2024) yang didiarkan daring (Youtube/Muhammadiyah Channel)

Menurut Mu'ti,  pengelolaan tambang dilakukan dalam batas waktu tertentu dengan tetap mendukung dan melanjutkan usaha-usaha pengembangan sumber-sumber energi yang terbarukan, serta membangun budaya hidup bersih dan ramah lingkungan.

"Pengelolaan tambang disertai dengan monitoring, evaluasi, dan penilaian manfaat dan mafsadat bagi masyarakat," kata Mu'ti.

2. Libatkan banyak elemen demi hindari kerusakan alam

Ilustrasi tambang dikelola ormas. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam mengelola usaha tambang, lanjut Mu'ti Muhammadiyah berupaya semaksimal mungkin dan penuh tanggung jawab melibatkan kalangan profesional dari kalangan kader dan warga Persyarikatan, masyarakat sekitar area tambang, sinergi dengan perguruan tinggi, serta penerapan teknologi yang meminimalkan kerusakan alam.

Muhammadiyah, kata Mu'ti, memiliki sumber daya manusia yang amanah, profesional, dan berpengalaman di bidang pertambangan.

Sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah juga disebutnya memiliki Program Studi Pertambangan, sehingga usaha tambang dapat menjadi tempat praktik dan pengembangan entrepreneurship yang baik.

"Dalam mengelola tambang, Muhammadiyah akan bekerja sama dengan mitra yang berpengalaman mengelola tambang, memiliki komitmen dan integritas yang tinggi, dan keberpihakan kepada masyarakat dan Persyarikatan melalui perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan," katanya.

Baca Juga: Semua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sepakat Terima Izin Usaha Tambang

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya