TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anies Baswedan Minta Mahasiswa Bijak Bermedia Sosial

Medsos dipakai untuk keluarkan gagasan

Mantan Gubernur DKI, Anies Baswedan ditemui di Pendopo Wisma Kagama, UGM, Senin (9/9/2024). (IDN Times/Tunggul)

Intinya Sih...

  • Mantan Gubernur Anies Baswedan menegur pengguna medsos yang tidak bijak dan berpesan kepada generasi muda agar kritis tapi tidak terjerumus ke hate speech.
  • Anies menekankan tanggung jawab dalam menggunakan media sosial, mengingatkan bahwa tindakan tak bijak bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.
  • Menurut Anies, penggunaan medsos seharusnya untuk gagasan, pikiran, dan kepedulian sosial tanpa perlu khawatir akan rekam jejaknya jika dilakukan dengan baik.

Sleman, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyentil orang yang tak bijak menggunakan media sosial dan akhirnya kena masalah.

Dia pun berepesan kepada para generasi muda yang mencoba melek politik dan bersikap kritis tak menirunya.

1. Anies minta jangan ditiru

Dalam sebuah acara dialog bersama mahasiswa dan saat perbincangan aktivisme digital kaum muda, Anies diminta memberikan pesannya oleh moderator agar anak muda tak terjerumus melakukan hate speech, bullying, serta hate comment ketika berniat kritis lewat media sosial.

Anies menjawab cara-cara macam itu selayaknya dihindari demi menghindari masalah di kemudian hari. Kata dia, kejadian ini sudah ada contohnya.

"Sudah ada contohnya, jangan ditiru. Nanti Anda akan dapat masalah di kemudian hari. Betul nggak?" kata Anies di Pendopo Wisma Kagama, UGM, Sleman, Senin (9/9/2024).

2. Penggunaan media sosial dengan bertanggung jawab

Oleh karenanya, Anies menekankan penggunaan media sosial secara penuh tanggung jawab daripada cuma mengolok-olok dan ujung-ujungnya 'lupa password'.

"Gunakan (media sosial) ini dengan bertanggung jawab. Kalau hari ini Anda ngatain apa saja di sini, apalagi lupa password, Anda akan mendapat masalah yang luar biasa, bener nggak?" kata Anies disusul riuh peserta acara dialog.

Baca Juga: Soal Gerakan Anak Abah, Anies: Respons Situasi Perpolitikan Hari Ini

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya