TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Gerakan Anak Abah, Anies: Respons Situasi Perpolitikan Hari Ini

Anies menyebutnya sebagai bentuk kebebasan berekspresi

Anies Baswedan mengungkap wacananya mendirikan partai politik (parpol) baru sampai sekarang masih dalam kajian, saat ditemui di Kagama UGM, Senin (9/9/2024) (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Intinya Sih...

  • Anies Baswedan menanggapi gerakan 'anak abah tusuk 3 paslon' sebagai respons masyarakat terhadap situasi politik saat ini.
  • Anies menghargai kebebasan berekspresi dalam berpolitik dan menyatakan bahwa hak memilih dijamin konstitusi.
  • Gagalnya Anies maju di Pilkada Jakarta 2024 memunculkan gerakan mencoblos tiga foto paslon, namun belum memberikan arahan khusus kepada pendukungnya.

Sleman, IDN Times - Anies Baswedan buka suara soal munculnya gerakan 'anak abah tusuk 3 paslon' di tengah kontestasi Pilkada Jakarta 2024 yang kemungkinan besar diikuti tiga pasangan calon (paslon). 

'Anak Abah' seperti diketahui adalah sebutan buat pendukung Anies Baswedan yang ramai digunakan di media sosial saat mantan gubernur DKI Jakarta itu ikut Pilpres 2024 lalu.

1. Ungkapan kondisi sekarang

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di rumah duka Faisal Basri pada Kamis (5/9/2024). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Anies melihat, munculnya gerakan 'anak abah tusuk 3 paslon' merupakan respons masyarakat atas situasi perpolitikan hari ini. 

"Ini semua adalah ungkapan rasa pikiran atas kondisi yang sekarang terjadi," kata Anies di Wisma Pendopo Kagama, UGM, Sleman, Senin (9/9/2024).

2. Hak memilih dijamin konstitusi, hargai sikap pemilih

Kendati, Anies menekankan bahwa hak memilih dalam setiap gelaran kontestasi politik adalah hak yang dijamin konstitusi. Dia pun memilih untuk menghargai gerakan yang muncul sebagai bentuk kebebasan berekspresi ini.

"Jadi kita hormati, kita hargai setiap pilihan," tutur mantan capres 2024 itu. "Kita hormati itu kita hargai sebagai bagian dari kebebasan berekspresi," tutupnya.

Baca Juga: Incar Suara Anak Abah, PKS Bakal Bantu Pertemukan Anies-Ridwan Kamil

Berita Terkini Lainnya