TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konstruksi Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Sudah Separuh Jalan

Pembayaran uang ganti rugi sudah dilakukan di sejumlah desa

Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 (Dok. PT JJB)

Yogyakarta, IDN Times - Progres konstruksi Jalan Tol Yogyakarta–Bawen Seksi 1 Ruas Yogyakarta–SS Banyurejo sudah lebih dari 50 persen atau tinggal separuh pengerjaan. Selain itu pembebasan lahan pada seksi tersebut hampir tuntas hingga pengujung Oktober ini.

1. Erection girder di empat titik

Pengerjaan jalan Tol Jogja-Bawen ditargetkan selesai 2024. (Dok. PT Jasamarga Jogja-Bawen)

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), AJ Dwi Winarsa, menjelaskan untuk saat ini di seksi tersebut sedang dilakukan pengerjaan pada lokasi lahan yang sudah bebas dan secara pararel sedang dikerjakan timbunan tanah, borepile, beton (pilecap, kolom, portal) dan pelat lantai jembatan.

Menurut Dwi, PT JJB sudah memasang erection girder di 4 lokasi yaitu, STA 68+825 Desa Banyurejo, STA. 72+950 Kalurahan Margokaton, STA. 0+800 Kalurahan Sumberejo, STA 75+800 Kalurahan Tirtoadi.

"Jasamarga Jogja Bawen mencatat progres konstruksi seksi 1 mencapai 59,26 persen," kata Dwi dalam keterangannya.

Baca Juga: Tol Solo-Jogja di Ring Road Dikerjakan, Rekayasa Lalin Diberlakukan

2. Pembebasan lahan sudah 80 persen

Pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen telah dimulai. (Dok. Jasa Marga)

Dwi melanjutkan, di saat bersamaan telah dilaksanakan musyawarah bersama tujuh desa terdampak untuk keperluan lahan tol. Adapun ketujuh desa termaksud antara lain Tirtoadi, Margomulyo, Margodadi, Margokaton, Banyurejo, Tambakrejo dan Sumberejo.

"Sudah dilakukan pembayaran uang ganti kerugian (UGK) di 3 desa yaitu, Desa Tirtoadi, Desa Margomulyo dan Desa Sumberejo. Sisanya masih dalam proses pemberkasan dan nantinya bisa dibayarkan," imbuh Dwi. "Pembebasan lahan sudah 80,15 persen."

Sementara mengenai bangunan cagar budaya Padukuhan Pundong 2, Tirtoadi yang terimbas proyek Jalan Tol Yogyakarta–Bawen, sekarang ini telah disurvei dan ditinjau ulang terkait Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk Relokasi Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Dinding Selokan Mataram Dekat Proyek Tol yang Jebol Diperbaiki

Berita Terkini Lainnya