Comscore Tracker

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTI

Jangan melulu fokus dengan sisi positif kepribadian kamu!

Ketika membicarakan kepribadian berdasarkan Myers–Briggs Type Indicator (MBTI), kebanyakan orang sangat suka membahas kelebihan atau sisi positif dari kepribadian tersebut. Namun, perlu kamu tahu jika setiap kepribadian MBTI juga memiliki sisi gelapnya masing-masing yang bisa muncul di saat-saat tertentu, lho.

Misalnya dalam kondisi penuh tekanan dan stres, masing-masing tipe kepribadian MBTI kerap menampakkan sisi gelapnya. Penasaran dengan sisi gelap MBTI kamu? Dilansir laman Psychology Junkie, kamu bisa simak 16 sisi gelap manusia berdasarkan kepribadian MBTI di bawah ini!

1. ENFP - Mudah menghakimi

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita memandang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

ENFP yang mengalami kebosanan, kecemasan, stres dan tertekan bisa menjadi pribadi yang mudah menghakimi setiap pandangan yang berbeda dengannya secara berlebihan hingga menyakiti harga diri orang lain.

2. ENTP - Manipulatif

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pria mengancam (pexels.com/Rodnae Productions)

ENTP yang dikenal cerdas dalam berargumentasi bisa menjadi manipulatif hanya demi membuktikan bahwa mereka lebih pintar dibandingkan lawan bicaranya.

3. INFP - Kurang berempati

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita menatap (pexels.com/Polina Zimmerman)

Selain kurang berempati dan tidak pedulian, INFP juga akan menarik diri dari lingkungan masyarakat dan bersikap destruktif terhadap orang di sekitarnya.

4. INTP - Bersikap dingin

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pasangan duduk (pexels.com/Ketut Subiyanto)

INTP akan terobsesi dengan permasalahan yang terjadi dalam hidupnya serta akan sibuk dengan dunianya sendiri sehingga ia akan tampil dingin di hadapan orang lain.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Negatif yang Bisa Menjebak Kamu, Hati-hati

5. ENFJ - Kemarahan tak terkontrol

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pria menatap cermin (pexels.com/Evelyn Chong)

Dalam kondisi menekan, ENFJ akan menjadi pribadi yang terlalu mengontrol orang-orang disekitarnya di mana jika ekspektasinya tidak terwujud, maka kemarahan mereka akan tersulut.

6. ENTJ - Mendominasi

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pasangan bertengkar (pexels/Timur Weber)

ENTJ bisa menjadi seorang yang selalu ingin mendominasi dan menang sendiri sehingga ikut memaksa orang di sekitarnya untuk mengikuti keinginan si ENTJ.

7. INFJ - Impulsif

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pria bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Di kondisi yang menekan, INFJ yang biasanya penuh keteraturan bisa menjadi sembrono dan impulsif tanpa mempedulikan keadaan sekitarnya. Selain itu, INFJ juga akan menarik diri secara ekstrem.

8. INTJ - Kurang kontrol diri

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pria marah (pexels.com/Chris F)

INTJ dalam kondisi penuh stres bisa menjadi pribadi yang keras kepala, arogan dan kurang kontrol terhadap diri sendiri yang berujung membahayakan diri.

Baca Juga: Lakukan 6 Self-regulation Ini untuk Menghalau Emosi Negatif

9. ESFP - Pesimis

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita bersedih (pexels/Andrea Piacquadio)

ESFP akan menjadi seorang yang ceroboh dan kurang bertanggung jawab. Karena rasa pesimis yang muncul, ESFP kerap melakukan tindakan tanpa memikirkan konsekuensi buruknya.

10. ESTP - Paranoid

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita kesal (pexels.com/Mikhail Nilov)

Dalam kondisi tertekan, ESTP akan muncul sebagai pribadi yang penuh kecurigaan terhadap hal-hal di sekitarnya. Kepercayaannya terhadap orang sekitar akan terkikis sehingga mereka menjadi paranoid dan sulit mempercayai orang.

11. ISFP - Membangkang

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita cemberut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

ISFP bisa menjadi seorang yang sulit diajak bekerja sama ketika menghadapi sebuah konflik. Mereka akan menjadi pribadi yang sensitif dan lebih memilih untuk tidak kooperatif dengan orang lain.

12. ISTP - Mudah Marah

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pria cemberut (pexels.com/SHVETS Production)

ISTP akan menjadi pribadi yang mudah marah dan sangat kritis terhadap pandangan orang lain. Sarkasme juga menjadi salah satu sisi gelap ISTP yang akan menyerang siapapun yang berinteraksi dengannya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lain

13. ESFJ - Mengkritik berlebih

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi pasangan bertengkar (pexels/Timur Weber)

ESFJ yang tertekan akan kesulitan dalam menerima penolakan dari orang lain. Mereka bisa menjadi seorang yang mengkritik diri sendiri serta orang lain secara berlebihan. Hal ini terjadi karena mereka menjaga nilai-nilai yang mereka miliki dengan keras kepala.

14. ESTJ - Mudah cemas

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita cemas (pexels.com/SHVETS Production)

Di masa yang penuh stres, seorang ESTJ akan merasakan kecemasan yang berlebihan di mana hal ini membuat mereka berusaha mengontrol orang-orang disekitarnya. Mereka akan menjadi pribadi yang kurang fleksibel serta sangat menutup diri.

15. ISFJ - Mendendam

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita iri (pexels.com/ArtHouse Studio)

ISFJ bisa menjadi seorang yang pendendam jika ia ada di kondisi yang penuh tekanan dan stres. ISFJ juga akan menarik diri dan terlalu sensitif ketika berinteraksi dengan orang lain.

16. ISTJ - Perfeksionis

16 Sisi Gelap Manusia Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTIilustrasi wanita menatap (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Keras kepala dan kurang fleksibel akan menjadi beberapa sikap ISTJ di saat ia tertekan. Dua hal itu bisa menjalar ke sikap perfeksionis yang membuat ISTJ menekan orang di sekitarnya untuk memenuhi standar yang sudah ia buat.

Di mana ada kelebihan, maka di sana ada pula kelemahan. Setiap manusia pasti memiliki sisi gelapnya masing-masing. Namun, kamu selalu bisa mengontrol diri kamu selama kamu menerima sisi gelap yang kamu miliki di dalam diri. Jadi penting sekali untuk mengenali diri kamu secara mendalam, ya!

Sindy Rizky Prisila Photo Community Writer Sindy Rizky Prisila

Let's connect! IG: @sindyrizkyprisila

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya