Comscore Tracker

5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lain

Energi buat iri sebaiknya dialihkan untuk memajukan diri!

Akui saja, kita pasti pernah merasa iri saat melihat orang lain mendapat promosi. Saat ia menjadi lebih sukses, saat pekerjaannya dipuji bos, saat ia memenangkan lomba, dan lain-lain. Terlebih zaman sekarang, di mana kamu lebih mudah melihat kebahagiaan serta prestasi orang melalui media sosial.

Kita jadi lebih sering membandingkan hidup kita dengan orang lain. Faktanya, iri hati akan kesuksesan orang lain bisa memimpin pada perasaan tidak bahagia dan depresi. Karena itu, yuk terapkan 5 tips ini agar kamu berhenti iri dengan kesuksesan orang lain.

1. Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain

5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lainilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Alena Darmel)

Membandingkan hidupmu dengan orang lain bukan kebiasaan yang baik. Kamu akan terus terfokus dengan hal yang tidak kamu miliki, alih-alih bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki.

Lagipula, perbandingan seperti itu tidak adil. Semua orang punya kelebihan, talenta, dan pengalaman yang berbeda-beda. Akan selalu ada orang yang lebih kaya, lebih cantik, lebih berprestasi darimu. Iri hati hanya membuatmu lelah dan tak bahagia.

Baca Juga: Hidupmu Stuck? 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Gak Berkembang

2. Hindari meremehkan pencapaian orang lain 

5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lainilustrasi wanita (pexels.com/Alex Green)

Pernah nggak, sih, kita melihat teman kita mencapai sesuatu, lalu langsung berpikir, “Halah, gitu doang aku juga bisa”. Itu adalah bibit-bibit kebencian dan iri hati. Kamu tidak akan bisa mencapai lebih bila terus memandang rendah pencapaian orang lain.

Sebaliknya, mulailah untuk mempraktikkan penerimaan. Akui kesuksesan orang lain tanpa harus menghakimi. Berbahagialah untuk kesuksesannya, bukan justru membenci.

3. Tahan asumsimu 

5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lainilustrasi wanita bimbang (pexels.com/Thirdman)

Kita tidak pernah tahu cerita di balik layar. Kita tidak pernah tahu perjuangan dan kerja kerasnya untuk mencapai semua itu.

Jadi, berhati-hatilah dalam membuat asumsi. Jangan biarkan asumsimu (yang belum tentu benar) membuatmu meremehkan orang lain.

4. Berhenti fokus pada kelemahanmu 

5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lainilustrasi wanita menunggu (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat melihat orang lain berhasil, kita jadi iri pada kelebihannya. Kita sering berpikir, “Andai aku sejago dia…” Padahal, ini adalah pola pikir yang keliru. Bukannya membuat kita semakin semangat, pola pikir seperti ini hanya membuatmu semakin iri dan tidak punya harapan.

Sebaliknya, fokuslah pada kelebihanmu. Lakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh. Niscaya, kamu akan menuai hasilnya pada waktu yang tepat.

5. Buatlah definisi suksesmu sendiri 

5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lainilustrasi wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingatlah bahwa apa yang temanmu mau, bukan berarti sesuai tujuan hidupmu. Tidak perlu ikut-ikut definisi sukses orang lain. Saat kamu tahu apa yang kamu inginkan, kamu tidak akan mudah iri dengan apa yang orang lain capai.

Tetapkan fokus pada progresmu sendiri. Satu-satunya yang bisa kita bandingkan adalah diri kita sekarang dengan diri kita di masa lalu. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah merasa iri hati ketika melihat orang lain sukses.

Baca Juga: 5 Jalan Hidup Menjadi Pribadi Ikhlas agar Stres Terlepas

Caroline Graciela Harmanto Photo Community Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya